Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus (Asparagus officinalis)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus (Asparagus officinalis)Asparagus merupakan tanaman jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan, karena memiliki rasa sedap dan tanaman ini memiliki sifat diuretik yang bermanfaaat untuk melancarkan saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja urin.

Tanaman asparagus merupakan sumber asam folat nabati, rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol dan sedikit mengandung natrium. Kandungan lain aspiragus, yaitu vitamin B6, kalsium, magnesium, dan seng dan sumber serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, niacin, besi, fosfor, kalium, tembaga , mangan dan selenium.

Asparagus

Baca: 11 Hama dan Penyakit Jamur Tiram Serta Cara Pengendaliannya

Klasifikasi Asparagus

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Trachebionta (Tumbuhan berpembulu)

Superdivisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Division: Magnoliphyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida(berkeping satu/monokotil)

Subkelas: Lilidae

Ordo: Liliales

Familia: Liliaceae (suku bawang-bawangan)

Genus: Asparagus

Spesies: Asparagus officinalis L.

Morfologi Asparagus

Morfologi tanaman asparagus, dapat dilihat dari cirri-ciri yang dimiliki. Antara lain:

1.Akar

Asparagus memiliki akar berserabut menjalar, berwarna putih kotor yang diselimuti oleh tanah, panjang berkisar 5-10 cm. Akar ini biasanya dimanfaat sebagai bahan obat-obatan tradisional atau herbal.

2.Batang

Batang asparagus memiliki dua tipe batang, yaitu batang dalam (rizoma), tumbuh sepereti rebung dan batang luar tempat tumbuh cabang, ranting dan daun, panjang tanaman ini bisa sampai 1 m, dengan diameter 1 cm.

3.Daun

Daun asparagus berbentuk jarum kecil, berwarna hijau muda atau tua, dengan satu tangkai daun menghasilkan beberapa cabang untuk untuk pertumbuhan daun. Biasanya daun ini akan memiliki bentuk seperti tanaman pakisan/kerisan.

4.Buah

Buah asparagus berbentuk bulat, berdiameter 0,5 cm, berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman ketika sudah tua. Buah ini matang ditandai dengan lembek bagian kulit dan bagian daging buah, serta warna sudah hitam.

5.Biji

Biji asparagus berwarna hitam dengan bagian kulit biji yang keras, memiliki ukuran kecil  seperti biji pepaya.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus (Asparagus officinalis). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme