Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

10 Macam Pakan Alternatif Ikan Cupang

10 Macam Pakan Alternatif Ikan Cupang – Pakan ikan cupang memang sangat beragam jenis mulai dari pakan alami dan juga buatan, tingginya harga pakan ikan cupang kebanyakan para budidaya ikan cupang untuk membuat bahkan mencari pakan alternatif dalam budidaya ikan cupang untuk dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang.

1

Beragam jenisnya pakan ikan cupang, sebagian para peternak dan pembudidaya binggung dalam pemilihan. Namun, dalam kesempatan kali ini fredikurniawan akan membantu untuk memilih pakan atau makanan ikan cupang dengan kandungan gizi yang tinggi diantaranya yaitu :

1. Jentik nyamuk

Jentik nyamuk atau anakan nyamuk merupakan pakan alternatif yang memiliki kandungan gizi yang sangat tingggi untuk pakan ikan cupang. Selain mudah didapatkan pakan ini juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang. Jentik nyamuk yang diberikan sekitar 2-3 jentik nyamuk dan juga harus menyesuaikan kondisi atau pertumbuhan ikan cupang.

2. Kuning telur

Kuning telur ini juga merupakan pakan alternatif dan mudah di buat untuk pakan ikan cupang baik untuk anakan maupun ikan cupang dewasa. Pemberhan pakan ini harus menentukan kondisi tubuh dan besar jenis ikan cupang dengan cara menghancurkan kuning telur hingga lembut berikan 2 kali dalam sehari.

3. Kutu air

Kutu air juga merupakan pakan ikan yang banyak digunakan para pembudidaya ikan cupang maupun ikan lainnya. Kebanyakan pakan kutu air ini digunakan untuk anakan ikan, karena memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil sehingga sangat mudah dikonsumsi pada ikan.

4. Cacing sutra

Cacing sutra juga merupakan pakan alternatif yang memiliki kandungan gizi yang sangat tingggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk pakan ikan cupang. Pemberian cacing sutra ini di berikan satu atau dua setiap ekor ikan cupang secukupnya dilakukan dua kali dalam sehari.

5. Cacing darah

Cacing darah juga merupakan pakan alternatif untuk ikan cupangm, cacing ini sangat halus dan juga lembut serta memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Pemberian cacing ini dilakukan hampir sama dengan cacing sutra dua kali dalam sehari dan sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan cacing darah ini akan mengakibatkan penumpukan sisa makanan.

6. Artemia

Artemia juga merupakan pakan alternatif yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan banyak dimanfaatkan untuk pakan ikan cupang. Pakan ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai udang, namun memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih kecil dibandingkan jenis udang. Pemberian pakan ikan cupang ini dilakukan 2 -3 dalam sehari, dengan memberikan artemia secukupnya dan jangan terlalu berlebihan.

7. Lalat

Lalat juga merupakan pakan alternatif dan mudah didapatkan untuk pakan ikan cupang, lalat juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai pakan ikan cupang, pemberian lalat ini 2-3 lalat dalam satu ekor ikan cupang dengan membuang bagian kelapanya.

8. Ulat atau belatung kecil

Binatang ini memang sangat kecil dan juga terlihat kotor, namun binatang ini juga memberikan manfaat yang besar untuk pakan alternatik ikan cupang. Pemberian ini dilakukan dengan memberikan dua ekor belatung dalam satu ekor ikan cupang, dilakukan dua kali dalam sehari.

9. Vinegar eels

Vinegar eel ini juga merupakan pakan alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan cupang dengan baik, vinegar eels ini biasanya terdapat di selokan air kotor dan juga comberan lebih tepatnya di permukaan air. Pemberian pakan ini biasanya dilakukan dengan jaring halus, lalu menuangkan vinegar eels tersebut kedalam wadah ikan cupang.

10. Burayak Guppy

Burayak guppy ini juga memiliki kandungan yang sangat tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk pakan alternatif ikan cupang, bukan hanya itu saja pakan ini juga sangat memberikan peningkatan bobot yang jauh lebih cepat dibandingkan pakan alami lainnya. Pemberian pakan ini, sama dilakukan dengan pakan alternatif lainnya dua kali dalam sehari.

Baca juga :

Tambahan :

Dalam pemberian pakan ikan cupang, harus mengetahui takaran pakan yang diberikan bertujuan supaya ikan dapat mencerna dengan baik dan maksimal. Selain itu, perhatikan juga temparatur air dan pakan yang diberikan baik atau tidaknya, sehingga tidak akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme