Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

12 Umpan Jitu Mancing Ikan Gabus

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di danau, sungai, rawa, dan parit. Ikan gabus ini merupakan ikan predator yang mengkonsumsi binatang atau serangga kecil untuk kelangsung hidup. Dalam dunia pemancingan, akan sangat sulit untuk mendapatkan ikan gabus tanpa menggunakan umpan atau pakan tertentu.

1

Namun, ada beberapa cara ampuh untuk mendapatkan ikan gabus besar dengan mudah dan sederhana dilakukan. Walaupun begitu, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu umpan atau pakan sebelum pemancingan dilakukan. Berikut ada 10 macam umpan hidup maupun mati yang dapat digunakan sebagai umpan atau pakan ikan gabus yang ampuh dan jitu, diantaranya yaitu :

Umpan mancing ikan gabus

  1. Cacing tanah, cacing tanah ini memiliki keamisan yang sangat luar biasanya sehingga dapat digunakan sebagai umpan utama dalam pemancingan.
  2. Katak kecil, katak ini biasa dikatakan sebagai umpan hidup yang sangat ampuh menarik perhatihan ikan gabus saat pemancingan. Dilakukan dengan cara mengaitkan punggung pada mata kail pancing.
  3. Belalang kayu atau daun, belalang juga dapat dimanfaatkan untuk pakan atau umpan ikan gabus dengan jitu. Dilakukan dengan cara mengaitkan mata kail ke bagian ekor.
  4. Ikan kecil, jenis ikan yang digunakan sebagai umpan ikan ini biasanya ikan wader, sepat, dan juga ikan lainnya, dengan cara mengaitkan mata kail pancing bagian punggung ikan tersebut.
  5. Jangkrik, jangkrik juga dapat dimanfaatkan untuk umpan atau pakan ikan gabus, hal ini biasanya dilakukan hampir sama dengan belalang dengan mengaikat mata pancing dibagian ekor.
  6. Ulat daun, biasanya ulat daun yang digunakan sebagi umpan atau pakan ikan gabus adalah ulat daun pisang yang memiliki amis sehingga ikan gabus mudah didapatkan. Dilakukan dengan cara mengaitkan kail mata pancing di bagian punggung atau memotong bagian tubuh ulat menjadi beberapa bagian.
  7. Belatung besar, belatung memang terlihat sangat jorok atau tidak layak, namun belatung dapat dimanfaatkan juga untuk umpan atau pakan ikan gabus dalam pemancingan.
  8. Gendon, gendon ini memang jarang ditemukan tetapi sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai umpan pakan ikan gabus, gendon ini berbentuk hampir menyerupai ulat namun tidak memiliki bulu.
  9. Cicak, cicak atau cecak juga memiliki peranan yang sangat penting untuk umpan atau pakan ikan gabus. Biasanya cicak yang digunakan untuk umpan ini dibagi beberapa bagian, lalu dikaitkan ke mata kail pancing.
  10. Kroto, kroto atau sarang semut juga bisa digunakan untuk umpan ikan gabus yang ampuh. Dengan cara mengeringkan terlebih dahulu, lalu mencampurkan bahan lainn agar mudah dikaitkan di mata pancing.
  11. Seofood, hewan laut juga dapat dimanfaatkan untuk umpan ikan gabus yang ampu seperti kerang, cumi – cumi maupun ikan laut lainnya. Dengan cara melakukan pencingan kasar beberapa bagian lalu mengkaitkan ke mata pancing.
  12. Menggunakan umpan tiruan, yang terakhir anda juga bisa menggunakan umpan tiruan atau buatan yang terbuat dari karet maupun kayu yang menyerupai hewan hidup.

Baca juga :

Tambahan :

Dalam pemancingan ikan gabus, harus memerhatikan beberapa cara untuk mendapatkan ikan gabus yang sesuai anda inginkan. Mulai dari tempat, pemasangan mata kail dan benang pancing, menentukan waktu yang tepat dalam pemancingan dan lainnya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pemancingan ikan gabus harus dilakukan pada pagi dan sore hari, karena di waktu itu ikan gabus mulai mencari makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme