Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

4 Jenis Makanan Kelinci Yang Baik dan Tepat

4 Jenis Makanan Kelinci Yang Baik dan Tepat – Kelinci merupakan salah satu ternak yang banyak dikembangkan dan di peliharaan dengan tujuan tertentu. Terutamanya kucing yang bertujuan untuk di konsumsi biasanya menggunakan kelinci pedaging, dan pemeliharaan untuk hiasan atau peliharaan pribadi biasanya menggunakan jenis kelinci anggora, kelinci loop dan lainnya.

kelinci

                                            Sumber : flemishgiantcilacap.wordpress.com

Berbicara tentang kelinci pasti akan sangat membutuhkan kebutuhan asupan nutrisi agar dapat memenuhi kebutuhannya dan pertumbuhannya. Hal tersebut biasanya biasa di dapatkan dari beberapa pakan yang di konsumsinya, olah sebab itu harus memilih pakan yang memiliki asupan dan kandungan yang sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh ternak kelinci.

Baca : 4 Jenis Kucing Persia Yang Populer di Indonesia

Berikut ada beberapa makanan yang sangat baik dan tepat untuk ternak kelinci yang di pelihara, diantara dalah sebagai berikut :

1. Berasal dari Sayuran


Kelinci juga dapat bisa di beri pakan dari berbagai macam sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Namun perlu diketahui ada beberapa sayuran yang tidak baik di konsumsi, yang akan mengakibatkan ternak kelinci akan mencret atau diare bahkan kotoran akan keras yang merusak organ pembuangan kelinci. Berikut ada beberapa makanan yang berasal dari sayuran yang sangat baik di konsumsi untuk kelinci dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

  • Daun lobak, daun dandelion, daun kubis, daun selada air, dan daun chicory.
  • Daun jagung, wortel, daun ubi jalar, daun tangkai apel dan tomat.
  • Daun kacang – kacangan dan daun kangkung
  • Dan lainnya.

2. Berasal dari buah – buahan


Kelinci juga dapat bisa diberikan pakan yang berasal dari buah –buahan, namun hanya memiliki sifat sementara bukan merupakan makanan utama dari ternak kelinci. Biasanya buah yang sangat baik di konsumsi oleh kelinci memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan nutrisi lainnya yang tinggi.

Namun sebelum pemberian buah – buahan untuk kelinci sebaiknya buah – buahan harus di cacah terlebih dahulu atau dilakukan pelembutan dan jangan terlalu halus. Hal ini di lakukan karena akan mempermudahkan untuk ternak kelinci mengkonsumsi buah – buahan yang di berikan. Buah – buahan yang cocok di berikan untuk ternak kelinci adalah sebagai berikut :

  • Buah pisang, buah apel dan buah nanas
  • Buah pear, buah kesemek, buah pepaya, buah rasberry dan buah anggur
  • Dan lain sebagainya ( yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi ).

3. Berasal dari rumput


Kelinci memang pada umumnya mengkonsumsi rumput, karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalam rumput sangat dibutuhkan oleh kelinci. Rerumputan yang biasanya digunakan untuk pakan ternak kelinci berupa rumput bede, rumput lapang dan rumput setaria atau lainnya yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Pemberian rumput ini sebaiknya di lakukan dengan cara mencacahnya jangan terlalu halus atau memotong ujung perakaran agar tidak menyulitkan dalam pengunyahan atau pengkonsumsian kelinci.

4. Pakan buatan ( pelet kelinci )


Bukan hanya makanan alami saja yang bisa diberikan sebagai pakan utama ternak kelinci, melainkan pakan buatan atau pelet kelinci juga dapat bisa digunakan sebagai pakan utama. Hal ini di karenakan kandungan nutrisi dan senyawanya lainnya hampir sama dengan pakan alami. Namun perlu diperhatikan jangan terlalu berlebihan memberikan pakan ini dan keseringan, karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ternak kelinci serta harus memberikan sesuai dengan takaran yang ditentukan berdasarkan umur kelinci.

Baca juga :

Itulah 4 jenis makanan kelinci yang baik dan tepat semoga informasi kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme