Apa Itu GMAT, Kegunaan Tes GMAT, Struktur dan Skor Tesnya

Apa Itu GMAT?

GMAT singkatan dari Graduate Management Admission Test. GMAT adalah tes adaptif komputer yang dirancang untuk membantu universitas di Amerika Serikat dalam mengevaluasi keterampilan akademik peserta program Bisnis Pascasarjana dan program manajemen lainnya.

Kamu dapat mengikuti GMAT preparation di Westwood Prep dan tes GMAT bersifat adaptif komputer yang artinya kesulitan dari tes akan menyesuaikan diri secara real-time dengan tingkat kemampuan kamu. Misalnya, pertanyaan pertama yang kamu terima di bagian Verbal atau Kuantitatif akan mengalami kesulitan sedang.

Saat kamu menjawab setiap pertanyaan, komputer menilai jawaban kamu dan menggunakan respon kamu terhadap pertanyaan sebelumnya untuk memilih pertanyaan berikutnya.

Jika kamu menjawab pertanyaan pertama dengan benar, maka komputer biasanya akan memberi kamu pertanyaan yang lebih sulit.

Namun, jika kamu menjawab pertanyaan pertama dengan salah, pertanyaan yang akan muncul berikutnya akan lebih mudah. Kamu tidak akan dapat melompati soal, kembali ke pertanyaan awal, atau mengubah jawaban pertanyaan kamu.

Hal ini karena komputer menggunakan respon kamu untuk setiap pertanyaan dan untuk memilih pertanyaan yang berikutnya.

Apa sajakah Kegunaan GMAT?

GMAT menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar program Master of Business Administration (MBA) di perguruan tinggi luar negeri terutama di Amerika Serikat.

GMAT digunakan untuk menilai kemampuan kamu yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana di bidang bisnis dan manajemen.

Struktur-Struktur Tes GMAT

  • Penilaian Penulisan Analitik (AWA)— mengukur kemampuan kamu untuk berpikir kritis dan mengomunikasikan ide – ide kamu.
  • Penalaran Terpadu — mengukur kemampuan kamu untuk menganalisis data dan mengevaluasi informasi yang disajikan dalam berbagai format.
  • Penalaran Kuantitatif — mengukur kemampuan kamu untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan menggunakan keterampilan penalaran.
  • Verbal Reasoning — mengukur kemampuan kamu membaca dan memahami materi tertulis, mengevaluasi argumen, dan mengoreksi materi tertulis agar sesuai dengan Bahasa Inggris tertulis standar.

Secara keseluruhan tes ini membutuhkan waktu kurang dari 3,5 jam untuk menyelesaikan, termasuk dua istirahat opsional.

Struktur Tes GMAT Batas Waktu / Jumlah Pertanyaan Jenis Pertanyaan Kisaran Skor
Analytical Writing Assessment 30 menit
1 pertanyaan
Analisis sebuah Argumen 0-6 
(dalam penambahan 0,5 poin)
       
Integrated Reasoning 30 menit
12 pertanyaan
Interpretasi Grafik, Analisis Tabel, Penalaran Multi Sumber, Analisis Dua Bagian 1-8
(dalam peningkatan 1 poin)
Quantitative Reasoning 62 menit
31 pertanyaan
Kecukupan Data, Pemecahan Masalah 6-51
(dalam peningkatan 1 poin)
Verbal Reasoning 65 menit
36 pertanyaan
Pemahaman Membaca, Penalaran Kritis, Koreksi Kalimat 6-51 
(dalam peningkatan 1 poin)

Skor GMAT

Skor GMAT memiliki skala nilai 200 – 800 dengan peningkatan 10 poin dan ditentukan oleh kombinasi skor kamu pada bagian Kuantitatif dan Verbal dari tes ini. Skor diukur dengan tingkat kesulitan pertanyaan yang dijawab dan jumlah jawaban yang benar.

Pada bagian Verbal dan Kuantitatif akan dinilai secara terpisah. Kamu akan menerima skor mulai dari 6 hingga 51 untuk setiap bagian. Bagian Penalaran Terintegrasi dinilai dari nilai 1 hingga 8 dalam peningkatan 1 poin. Skor Penalaran Terintegrasi ini tidak termasuk dalam skor Keseluruhan.

Bagian Penilaian Penulisan Analitik (AWA) kamu dinilai pada skala 0 hingga 6. Skor GMAT ini berlaku selama 5 tahun. Biasanya sekolah bisnis cenderung berfokus pada skor keseluruhan GMAT kamu.

Bagaimana Cara Mendaftar Tes GMAT?

Ujian GMAT tersedia di lebih dari 600 pusat ujian di 114 negara di seluruh dunia. Biaya yang diperlukan untuk mengikuti tes GMAT sejumlah USD 250.Untuk menjadwalkan ujian GMAT kamu dan untuk menemukan pusat ujian di daerah kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *