Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Dan Penanaman Buah Mangga Di Halaman Rumah

Cara Budidaya Dan Penanaman Buah Mangga Di Halaman Rumah  – buah manggga ( mempelam ) sedangkan nama ilmiahnya  ( mangifera indica ) yang bersasal dari india yang menyebar luas kesasia sampai saat ini , buah mangga ini sudah banyak sekali yang membudidayakan indonesia , cara membudidayakannya pun sangat lah sederhana dan mudah bisa di budidayaka di perkarangn rumah dan juga di kebun .

manggaa

Dengan rasa buahnya yang sangat lah segar dan manis bisa di jadikan sebagai campuran es , dan bisa di jadikan jus dan masyarakat juga biasanya di jadikan rusak karena rasannya yang sangt lah enak , serta buah mangga bisa di olah sebagai makan manisan .pastinya anda pernah merasakan buah ini kan .

Nah jika anda tertarik untuk budidayakan buah mangga ini apalagi karena tidajk harus mengunkan lahan yang cukup luas juga bisa  , dengan memanfaatkan pekarangn rumah  ( halaman rumah ) budidaya buah mangga akan tetap bisa di jalankan dengan baik . Aada beberapa tahap yan perlu anda perhatkan saat menanam buah mangga di halaman rumah diantaranya sebagai berikut :

Persiapan Lahan Buah Mangga

Hal yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman buah mangga adalah  mempersiapkan lahan , hal ini jangan dianggap sederhana dan sepelah kareana pohon mangga tidak akan tumbuh dan berkembang sempurna jika anda tanam di tanah yang tandus dan  bebatuan . hal yang perlu di lakukan untuk persiapan lahan tanaman buah mangga yaitu :

  1. Lubangi tanah dan cangkul dengan ukuran 1 x 1 x 1 mdengan jarak 6 m x 8 diamkan tanah tersebut bertujuan agar hama tanah akan hilang
  2. Setelah satu bulan , campukan galaian tersebut dengan pupuk kandang dan pupuk kompos lalu diaduk atau di campur sampai merata diamkan selama 1 – 2 minggu
  3. Setelah 1 -2 minggu berlalu , siapkan bibit mangga yang berkualitas untuk persiapan penanaman . waktu yang sangat lah cocok menanam yaitu musim hujan antara bulan sepetember dan januari.

Proses Penanaman Buah Mangga

Setelah anda siapkan lahan lalau tahap berikutnya yaitu proses penanamana buah mangga adalah :

  1. Lepaskan kantong plastik ( poligbet )yang membungkus akar bibit , janganada palstik ya ng tertinggal dan ikut tertanam . Atau pindah kan poligbet dengan pot yang lebih besar jika tidak ingin menanamnya di tanah
  2. Setelah mangga berusia 2 – 5 tahun , berikan pupuk kandang secar berskla dengan dosis 30 kg dan jika 6 – 15 tahun dengan dosis 60 kg.
  3. Untuk hasil yang luar biasa memuaskan mengunkan pupuk supernasa dengan dosis ½ atau 5 liter perpohon tanaman buah mangga .
  4. Untuk pemupukan berkala pupuk seupernasa , berikan larutan antara 3 – 4 bulan sekali
  5. Selanjutkan jangan lupa berikan nyemprotan POC NASaa agar buah nya maksimal besar
  6. Dan yang terakhir jangan lupa berikan pupuk NPK 2 kali setahun agar pertumbuhan buahnya lebat dan cepat berbuah.

Proses pemeliharaan buah mangga

Proses selanjutnya dalam bpenanaman buah mangga adalah pemeliharaan , sinkirkan rumput atau gulma agar tanaman tidak mengangu tanaman , lakukan pengemburan pada tanah yang padat dan tidak di tumbuhan lain selain buah mangga , seringga meklakukan pemupukan yang dapat cepat menumbuhkan perkembangan buah mangga . agar produksi dapat meningkat 2 x lipat dengan cara ini .

Selanjutnya penangulangi hama penyakit pada tanaman buah mangga , hama tersebut adalah :

  1. Keping mangga
  2. Bubuk buah mangga
  3. Lalat buah
  4. Wareng
  5. Tunggau
  6. Codot
  7. Dan ulat

 Cara penangulanginya adalah lah dengan cara penyemprotan pepsida agar tidak ada hama yang menyerang dan menghambat pertumbuhan pada tanaman buah mangga .

 Masa panen

Setelah itudi lakukan maka anda tinggal menunggu masa panen sekitar 4 – 5 tahunan , panen dilakukan biasanya di lakukan dengan cara di petik atau di potong denagn pisau atau guntung agar tidak merusak jaringan tanaman , nah itu lah tyang saya dapat sampaikan kepada anda bila anda, bila anda  ingin mencobanya dan menanam buah mangga di halam rumah maka dengan cara ini lah anda coba ? selamat menanam buah mangga di halaman rumah anda.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme