Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Panduan Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Panduan Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan –  Perlu diketahui bahwa ikan cupang atau ikan hias sangat lah muda di pelihara maupun di budidayakan . Budidaya ikan cupang tidak lah memerlukan tempat yang sangat lah luas dan modal yang sangat lah besar. Budidaya ini bisa di lakukan di perumahan anda atau pun di lingkungan anda.

ikan cupang ku

Ikan cupang dengan nama latin ( Betta Sp ) adalah ikan air tawar yang hidup di daerah tropis , banyak sekali yang di budidayakan di perairan asia tenggara , khususnya Indonesia . yang Banyak sekali lahan dan tempat untuk budidaya ikan ini seperti dengan habitatnya di danau , rawa dan sungai yang sangat lah memiliki arus yang tenang .

Salah satu keistimewaan ikan hias  ini adalah bisa hidup di mana saja dan daya tahan tubuhnya sangat lah kuat , yang paling penting bisa di pelihara di toples tanpa mengunakan aerator . kemampuan ini hanya di milki ikan ini karean memilki rongga labirin  ( paru –paru ) yang bisa dapat bertahan pada lingkungan kurang oksigen. Jadi bagaimana sih cara budidaya nya ikan cupang ini  ?? Mari kita simak artikel berikut ini :

Cara Budidaya Ikan Cupang  ( ikan hias )

1.Jenis Ikan Cupang

Jenis ikan cupang yang sangat lah popular di budidayakan adalah ikan yang splenden complek Betta splendensBetta stiktosBetta mahachai,Betta smaragdina dan Betta imbellis yang memiliki warna yang sangta lah bagus dan memilki sirip yang sangat indah sehingga banyak sekali yang membudidaya kan ikan ini . sebagian masyarakat dan ahli pakar ikan memiliki 73 species ikan cupang yang dapat di budidayakan dengan lah sangat lah mudah dan sederhana.

2. Memilih Induk ikan Cupang

Induk cupang jantan :

  • Berumur 4 – 8 bulan
  • Bentuk badan panjang
  • Sirip nya panjang dan warna nya terang
  • Gerakannya sangat lah lincah

Induk Cupang Betina

  • Berumur 3 – 4 bulan
  • Bentuk badan membulat , dan perut buncit
  • Siripnya pendek dan berwarna kusam ( tidak terang )
  • Gerakan lambat dan lemah

3. Pemijahan Ikan cupang

Setelah Melakukan Pemilihan induk ikan cupang dengan lah sangta lah baik dan bagus lalu siapkan pemijahan untuk ikan cupang jantan dan betina dan sediakan tempat berupa toples a plastic ataupun akuarium kecil maupun besar sesuai keinginan anda serta tambahkan tumbuhan air sperti kayambang agar menyerupai habitat aslinya .

toples

Dalam sitem perkawinan ikan cupang ini , ikan cupang bisa menghasilkan 1000 butir telur dan akan menetas 24 jam setelah pembuahan . tapi tingkat kematian pembenihan ikan cupang sangat cukup lah tinggi . Biasnya ikan cupang yang hanya bisa di panen 30 – 50 ekor ikan cupang saja .

Sitwem perkawinan induk jantan bisa di kawinkan hingga 8 kali waktu sekitar 2 – 3 minggu saja sedang kan in dukan betina hanya bisa di kawinkan 1 kali saja karena kalau di kawinkan terus menerus akan menghasilkan pembenihan yang kurang bagus .

4. Pakan Ikan Cupang

Yang paling disukai ikan cupang ini adalah pakan berupa cacing kawat , nyamuk , kutu air dan larva nyamuk . pemberian pakan sebaiknya di lakukan secara berkala antar 2 – 3 hari agar air tida ada  penumpukan sisa pakan yang di berikan dan tidak mengakibatkan perkembangan penyakit .

5. Perawatan Ikan Cupang

Perawatan ikan cupang ini sangta lah mudah dan tidak berbelit-belit yaitu seperti yang tadi yang sudah di jelaskan bahwa ikan cupang tahan terhadap lingkungan yang sangat lah minim oksigen dan juga bisa hidup tanpa aerator bila di budidayakan di akuarium . Walaupun Begitu anda juga harus tetap menjaga kualitas air agar tetap bersih agar ikan berkembang dengan sempurna dan sehat.

Khususnya ikan cupang aduan , kita bisa memasukan kedalam toples plastic kecil . simpan lah di tempat yang santa lah gelap karena ikan jantan sangat lah agresif dan jangan lah di letakan berdekatan dengan jantan lainnya karena ikan ini siap untuk menyerang dan membentur dirinya ke toples tersebut , saranya berikan sekat pada toples agar tidak tembus pandang .

Gantilah aiirnya yany terdapat dalam toples atau pun akuarium secara berkala agar penumpukan pada pakan sisa ikan cupang tidak dapa menimbulkan penyakit dan kematian pada oikan cupang karena pencemaran ikan cupang tersbut .

Jadi anda sudah tau kan bagaimana sih cara budidaya ikan cupang  ini ? nah apalgi lagi segera mencobanya dan budidayakan ikan cupang anda dengan sendirinya ..selamat mencoba.

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme