Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Panen

Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Panen  – Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nama latin Clarias sp. Masyarakat Indonesia menjadikan ikan lele sebagai salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi. Dagingnya yang lembut dan manis menjadi pilihan idaman sebagai lauk-pauk. Ikan lele sendiri sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, kebutuhan akan ikan lele yang tidak sedikit mendesak para pengusaha budidaya ikan lele untuk menemukan cara pembesaran ikan lele agar cepat panen. Lalu, adakah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat panen dari budidaya ikan lele?

1

Salah satu jenis ikan lele yang cepat panen jika dibudidayakan adalah ikan lele dumbo. Ikan ini cepat besar dan lebih menguntungkan karena biaya perawatannya yang murah. Menurut beberapa sumber, selain faktor jenis ikan lele dumbo yang cepat besar faktor tempat budidaya pun berpengaruh. Budidaya yang dilakukan di kolam terpal ternyata akan mempercepat panen dari budidaya ikan lele ini. Akan tetapi, dalam melakukan budidaya ikan lele dalam kolam terpak ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus. Apa sajakah mereka? Mari kita ketahui bersama melalui bacaan di bawah ini.

Baca: Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kentang

Hal yang menjadi perhatian pertama dalam mempercepat panen ikan lele adalah menyiapkan kolam terpal sebagai tempat budidaya ikan lele. Kolam terpal yang akan digunakan harus memenuhi persyaratan seperti, ukurannya yang sesuai untuk membudidayakan jumlah benih ikan lele tertentu. Jika ukuran kolam terpal terlalu kecil, maka jumlah benih ikan pun harus disesuaikan. Jangan memaksakan membudidayakan benih ikan lele dalam jumlah banyak padahal kolam terpal tidak sanggup menampungnya. Kolam terpal yang baik adalah yang memiliki daerah sisa untuk ikan lele dapat bergerak dan berpindah-pindah.

Selain menyiapkan ukuran kolam terpal, terdapat persiapan lain yang harus menjadi perhatian. Hal tersebut adalah pemilihan tipe budidaya ikan lele. Sedari awal memulai usaha budidaya ikan lele, sudah harus ditentukan jenis budidaya yang ingin dilakukan. Budidaya menghasilkan benih ikan lele atau konsumsi ikan lele. Perbedaan tujuan budidaya ini tentu menyebabkan perbedaan perlakuan budidaya.

Setelah melakukan persiapan kolam maupun jenis budidaya, maka budidaya ikan lele pun dapat segera dimulai. Budidaya ikan lele dengan menggunakan media kolam terpal dapat mempercepat pembesaran ikan lele agar lebih cepat. Alasannya adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kolam terpal sebagai media budidaya. Berikut ini beberapa kelebihan kolam terpal sebagai media budidaya ikan lele:

  • Budidaya ikan lele dengan kolam terpal hanya membutuhkan tempat yang kecil; karena hanya membutuhkan tempat yang kecil maka pemeliharaan dapat dilakukan dekat dari pengawasan. Selain itu biaya pun menjadi lebih sedikit dan dapat diakumulasikan ke biaya pemberian pakan ikan lele agar lebih banyak.
  • Karena menggunakan kolam terpal maka ikan lele dapat tumbuh menjadi lebih sehat dan lebih cepat besar. Penyebabnya adalah ikan lele kecil kemungkinan terkena kontaminasi dari tanah seperti ikan lele dengan budidaya di kolam biasa.
  • Ikan yang cepat tumbuh besar adalah ikan yang hidup di air yang bersih. Menggunakan kolam terpal dapat membantu mempermudah penjagaan air tetap bersih. Selain itu, penggantian air kolam pun menjadi lebih mudah dilakukan.
  • Terakhir, budidaya ikan lele dalam kolam terpal dapat memudahkan pencegahan hama dan penyakit pada ikan. Ikan lele yang sehat dan jarang terkena penyakit tentun lebih cepat untuk tumbuh besar.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa alasan mengapa budidaya ikan lele dalam kolam terpal menjadi salah satu cara pembesaran ikan lele agar cepat panen. Semakin cepat ikan lele panen, tentu semakin mudah kebutuhan dan permintaan akan ikan lele dapat terpenuhi.

Kata Kunci Pencarian:

  • Budidaya ikan lele diterpal
  • Beternak ikan lele
  • Budidaya ikan lele dikolam
  • Pemeliharaan ikan lele
  • Pembesaran ikan lele

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme