Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Sukses Budidaya Domba Garut

Cara Sukses Budidaya Domba Garut – Domba Garut merupakan domba yang sangat lah populer karena domba garut ini memiliki keuntungan yang sangat lah besar sebagai sumber makanan hewani yang dapat di manfaatkan untuk berbagai macam olahan . Dengan begitu harga yang di capai domba ini sangat lah meningkat dan tinggi . Maka dari itu para peternak ingin memelihara dan membudidayakan domba garut ini dengan baik . Berikut cara membudidayakan domba garut dengan mudah .

domba garut

Persiapan Budidaya Domba Garut

Sebelum melakukan pembudidayaan domba garut , sebaiknya para peternak harus menyiapkan terlebih dahulu lokasi kandang yang sangat lah baik dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan domba garut . Kandang yang di buat sebaiknya kuat dan tahan lama , dengan ukuran sesuai dengan bobot badan dan jumlah pada ternak domba . Kandang harus bersih , serta mendapatkan sinar matahari langsung dan menmpunyai sirkulasi udara yang sangat  lah baik . Dan jauh dari pemukiman warga dan ke banjiran pada kandang .

Pemilihan Bibit Domba Garut

Dengan melakukan pemilihan bibit yang baik akan menghasilkan domba yang sangat lah berkualitas dengan baik pula . Peternak sebaiknya melakukan pemilihan bibit domba garut yang sehat dan bebas dari penyakit , memiliki karkas dan juga pertumbuhan yang sangat lah baik , pembibitan harus memperhatikan juag proses perkawainan dan juga proses kelahiran .

Pemeliharaan Domba Garut

Dalam melakukan sebuah pemeliharaan domba sebaiknya menjaga kebersihan kandanf tetap terjaga , yaitu kandang di bersihkan 1 minggu sekali . Namun harus juga membersihkan tempat makan dan minum secara teratur .

Namun dalam pengendalian penyakit pada domba garut , harus lah di berikan obat berupa vaksinasi dan juga melakukan pemisahan terhadap domba yang sudah terkena penyakit , yang akan langsung di obati dengan vaksinasi juga .

Pemberian Pakan Domba garut

Dalam pemberian pakan domba garut harus lah sesuai dengan kebutuhan pada ternak yaitu zat gizi seperti vitamin , mineral , protein , lemak dan karbohidrat yang sangat lah tercukupi untuk domba garut . Namun juga imbangi dengan memakan rumput-rumputan ( seperti rumput gaja , rumput alam dam lainnya ) , kacang – kacangan ( seperti daun lantoro , daun kacang-kacangan ) , Hasil limbah pertanian ( daun pisang , daun jagung , daun nangka , dan lainnya ) , pakan konsentrat ( bekatul , ampas tahu , ampas kelapa dam lainnya ) .

Pakan Tambahan Domba Garut

Dengan mencampurkan pakan dengan bahan-bahan yang sangat la baik untuk ternak sebaiknya harus di sesuai kan dengan tingkatan umur pada domba garut seperti :

  • Domba garut dewasa pakan rumput dan daun 3 : 1
  • Indukan sedang bunting pakan rumput dan daun 3 : 2 tambah kan dengan 2 – 3 konsentrat
  • Indukan menyusui pakan rumput dan daun 1 : 1 dengan tambahan 2 – 3 gelas konsentrat
  • Anakan belum di sapih pakan rumput dan daun 1 : 1
  • Anakan lepas sapih pakan rumput dan daun 3 : 2 di tambah 0,5 – 1 gelas konsentrat

Pemanenan Domba garut

Dalam melakukan sebuah pemanenan domba garut di tentukan dengan umur , Dalam pemanen sebaiknya melakukan pemilihan indukan yang akan di kembangkan berikutnya sedangkan yang tidak untuk di jadikan indukan maka lakukan pemisahan di kandang lainnya . Yang akan di lakukan pemasaran domba sudah jadi daging ataupun daging yang masih utuh .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme