Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Mentimun di Dalam Pot ( Polibag )

Cara Budidaya Mentimun di Dalam Pot ( Polibag ) – Tanaman mentimun merupakan tanaman yang sudah banyak di kenali masyarakat. Tanaman ini merambat dan juga menjalar di permukaan tanah jika tidak di beri penyokong atau penguat. Tanaman ini sangat mudah di budidayakan masyarakat dan juga tingginya permintaan, sehingga banyak masyarakat membudidayakan tanaman ini.

1

Membudidayakan tanaman ini sangat beragam mulai dari bedengan biasa, bedengan mulsa plastik, hidroponik dan juga media pot atau polibag. Dalam kesempatan ini fredikurniawan.com akan mengulas cara membudidayakan mentimun dengan pot atau polibag kerena sangat memberikan keuntungan yang sangat berlimpah dan produksi selalu meningkat.

Pemilihan bibit

Pemiihan bibit adalah hal yang sangat penting di lakukan sebelum membudidayakan tanaman mentimun. Karena pemilihan ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas pada tanaman. Pemilihan bibit berupa sehat, bebas dari hama dan penyakit, pertumbuhan cepat dan berasal dari indukan berkualitas.

Persemaian bibit

Perbanyakan dalam proses ini menggunakan biji, karena sangat mudah di lakukan dan juga tidak memakan banyak biaya. Langkah-langkah persemaian tanaman mentimun sebagai berikut.

  • Melakukan perendaman benih yang sudah di pilih dengan larutan fungsida selama 15 menit.
  • Lalu lakukan perendaman kembali hingga 24 jam full, agar tanaman tidak mudah terserang hama dan penyakit.
  • Lakukan pemindahan benih, kedalam lipatan handuk yang sudah di basahi dan biarka selama 12-15 jam hingga kecambah keluar.
  • Setelah itu lakukan pemindahan kedalam media polibag berukuran kecol atau 1 ons , yang sudah di isi dengan media tanah yang tercampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.
  • Lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari dan sebaiknya tanama harus terkena cahaya matahari cukup.
  • Setalh berumur 10-12 hari dan sudah memiliki 2 daun. Maka tanaman tersebut sudah siap untuk di pindahlan kedalam media tanam yang lebih besar.

Pengelolahan media tanam

Pengelolahan media tanam ini sangat penting di lakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tanam lebih cepat serta menghasilkan produktivitas dengan cepat. Langkah-langkah pembuatan media tanam dengan media pot atau polibag.

  • Sebelum melakukan penanaman sebaiknya lakukan pemilihan tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah itu, lakukan pencangkulan, pembajakan hingga merata, dan lakukan pencampuran pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 2. Dan diamkan selama 2-4 hari.
  • Kemudian siapkan pot atau polibag berukuran 2-5 kg dan lakukan pengisian media pot atau polibag dengan media tanah yang sudah disiapkan hingga penuh.
  • Lalu siram media polibag tersebut hingga lembab atau basah. Dan diamkan beberapa sebelum penanaman mentimun.

Penanaman tanamam

Penananam tanaman mentimun sangat mudah dan juga sederhana yaitu dengan membuat lubang sedalam 2-3 cm, atau dengan bantuan kayu dengan kebulatan 2-3 diameter. Lalu masukan bibit yag sudah siap tanaman kedalam media dan timbun dengan permukaan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kandang atau kompos dan siram hingga lembab atau basah.

Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman mentimun berupa penyiraman, penyulaman, pemupukan, penyiangan ,pemasangan ajir dan pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman tanaman mentimun di lakukan dua kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan dalam penyiraman tanaman. Penyulaman tanaman mentimun di lakukan dengan cara mengantikan tanaman yang tidak tumbuh dengan tanaman baru. Pemupukan tanaman mentimun di lakukan 15 -20 hari setelah tanam menggunakan pupuk urea, Tsp dan lainnya. Penyiangan di lakukan dengan membersihkan tanaman yang menganggu di sekitar tanaman mentimun.

Pemasangan ajir di lakukan ketika tanaman berukuran 2-3 cm di atas permukaan tanah. Dengan menggunakan bambu atau kayu kecil dengan panjang 1,5 -2 meter bahkan lebih. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit dapat di lakukan dengan penyemprotan insektisida dan fungsida sesuai dengan petunjuk.

Pemanenan tanaman

Pemanenan tanaman mentimun dapat di lakukan pada umur 2-3 bulan setelah masa tanam. Pemanen ini di lakukan dengan cara pemilihan buah mentimun yang berkualitas, dengan cara memetik tangkai buah secara langsung. Pemanenan ini sebaiknya di lakukan pada pagi dan sore hari agar menjaga kualitas pada tanaman.

Baca juga :Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme