Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Tanaman Kunyit

Cara Budidaya Tanaman Kunyit – Tanaman kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang sudah sangat populer. Tanaman ini berasal dari india dan menyebar ke Asia selatan, cina Selatan, Taiwan, Indonesia , dan Filipina. Tanaman kunyit ini tumbuh dengan baik tumbuh di tanah subur, dan terta pengairannya serta curah hujan yang sangat cukup.

1

Jadi, untuk membudidayakan tanaman ini sebenarnya sangatlah mudah di bandingkan dengan tanaman lainnya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan juga kecantikan. Serta perlu di ketahui bawah tanaman ini juga sangat bernilai tinggi jika penjualan ini lancar. Jika para petani berminat untuk membudidayakan tanaman ini perhatikanlah baik-baik panduan umum budidaya tanaman kunyit berikut ini.

Syarat Pertumbuhan

a. Iklim

  • Tanaman kunyit sangat baik di tanam dengan cahaya matahari yang mencukupi dan tidak tergenang air.
  • Pertumbuhan yang baik tanaman ini dengan curah hujan 1000-400 mm per tahun.
  • Suhu yang baik untuk tanaman ini di antaranya 19-30 derajat celcius.

b. Media tanam

  • Tanaman ini baik pada tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik.
  • Tanaman ini sangat baik di tanam dengan mencapai ketinggian 240 m dpl – 200 0 m dpl hingga mencapai ketinggian 45 m dpl pun bisa di tanam.

Cara Budidaya Tanaman Kunyit

a. Pembibitan

Pembibitan yang baik dan berkualitas harus melewati persyaratan sebagai berikut.

– Persyaratan bibit

Bibit yang baik berasal dari indukan yang baik, subur, sehat, berdaun banyak dan hiau, terhindar dari hama dan penyakit , berumur 7-12 bulan dan memiliki kadar air yang cukup.

– Penyiapan bibit

Bibit yang akan di tanam harus di lakukan pemotongan dibagian rimpang, lalu bekas potongan tersebut di tutp dengan abu gosok dan merendamnya di larutan fungisida untuk mengihin dari jamur pada tanaman.

– Penyemainan bibit

Penyemaian ini di lakukan dengan mengagin-anginkan rimpang di tempat teduh atau lembap sela 1-2 buan, dan lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari. Kemudian lakukan penyimpanan bibit di dalam suhu kamar 25 – 28 C0 dan merendamnya ke dalam larutan ZPT ( zat pengatur suhu ) selama 3 jam.

– Pemindahan bibit

Bibit yang sudah disemai dan juga sudah sekitar 1-2 bulan lakukan pemindahan tanaman kelahan yang sudah di sediakan.

b. Pengelolahan Media tanam

sebelum menanam tanaman sebaiknya melakukan pengelolahan lahan dengan cara persiapan lahan, pembukaan lahan, pembentukan bedengan dan juga pemupukan yang tepat. Dalam persiapan lahan harus memperhatikan lahan yang harus di bersihkan dahulu sebelum penanaman. Pembukaan lahan di lakukan pembersihan tanaman yang menganggu atau gulma di sekitar tanaman. Pembentukan bedengan tanam di lakukan dengan kelebaran 60-100 cm, tinggi 24-45 cm dan jarak antara bedengan 30-50 cm. Sedangkan pemupukan di lakukan dengan menggunakan pupuk kandang dengan tiap lubang 1-2 kg sebelum 1 minggu penanaman di lakukan.

c. Penanaman Tanaman 

Penanaman tanaman kunyit di lakukan pada pagi dan sore hari dengan kedalam tanam 60 cm, jarak tanam 60 x 60 cm dan juga ukuran lubang tanam 30 x 30 cm. Hal ini di lakukan dengan langsung memasukan bibit yang sudah disiapkan dengan mata tunas dengan arah ke atas. Lalu kemudian menaburkan tanah dan juga pupuk dasar. Dan siram hingga tanah basah.

d. Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman kunyit dapat di lakukan dengan cara penyulaman, penyiangan,pembubunan  pemupukan, penyiraman dan pemulsaan. Penyulaman di lakukan dengan mengantikan tanaman yang tidak tumbuh dengan yang baru. Penyiangan di lakukan dengan membersihkan tanaman liar yang menganggu tanaman kunyit. Pembubunan di lakukan dengan menambahkan tanah lagi di bagian tanaman kunyit.

Pemupukan di lakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos dan kimia berupa Urea, TSP dan Zat A sesuai dengan dosis. Penyiraman tanaman ini di lakukan 2 kali dalam satu hari dan jangan sampai kekeringan atau kelebihan dalam penyiraman. Sedangkan pemulsaan di lakukan dengan menggunakan jerami untuk menghindari kekeringan pada tanaman atau tanah.

e. Hama dan Penyakit Tanaman

Hama yang sering menyerang tanaman kunyit berupa ulat pengerek akar. Pengendalian pada hama ini dapat di lakukan dengan penyemprotan insektisida furadan. Sedangkan Pneyakit yang sering menyerang berupa busuk rimpang, dan  karat daun. Pengendalian penyakit ini dapat di lakukan dengan dua cara yaitu cara alami dengan mengentikan pergenangan air dan melakukan penyemprotan dengan fungisida.

f. Panen dan Pasca Panen

Tanaman kunyit dapat di panen ketika sudah berumur 8-18 bulan, tetapi untuk hasil yang maksimal lakukan pemanen pada usia 11-12 bulan yaitu saat gugurnya daun kedua. Pemanen tanaman ini dapat di lakukan degan cara mencabut atau membongkar rimpang dengan bantuan cangkul atau garbu. Lalu memisahkannya dengan tanah dan lakukan penyimpanan di tempat yang baik untuk kunyit.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme