Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Toge Dengan Mudah

Cara Budidaya Toge Dengan Mudah – Toge ( kecamba ) merupakan tumbuhan yang berkembang dengan cara embrionik di dalam biji. Toge memiliki ciri khas yang sangat bagus yaitu memiliki akar tunggang yang sangat lembut dan batang dan daun yang dapat di konsumsi sebagai olahan masakan.

cambah

Kecambah atau toge dapat di bagi menjadi tiga bagian yaitu radikula ( akar embriao ) hipokotil dan kotiledon ( daun tembaga ). Due kelas teresbut dari tumbuhan berbunga di bunga di bedakan dari cacah daun lembaganya. Nah untuk memudahkan anda melakukan pembudidayaan kecambah ini perhatikan tahapan berikut ini dengan baik.

Media Tanam Kecamba

Media tanam yang di gunakan kecamba merupakan tergantung dengan kondisi anda yaitu anda bisa menanamnya dengan sistem penanaman dengan rumah kaca taupun anda juga bisa mengunakan penanaman dengan media botol yang mengunakan kapas atau juga baki .

Bahan Dan Alat Penamanan

Dalam melakukan penanaman anda harus mempersiapkan bahan dan alat untuk media penanaman yaitu seperti mempersiapkan penanaman kecamba indoor dengan mengunakan 1 baki berukuran sedang. Namun anda sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah kecamba. Kemudian yang kedua anda sebaiknya menyiapkan kapas yang nanti akan di gunakan untuk als kaki sebagai tempat perkembangan dan pertumbahan kecamba. Lalu siapkan kacang hijau dan air sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan Bibit Kecamba

Pemilihan bibit atau kacang hijau sebaiknya memilih kacang hijau yang berwarna hijau mengkilat , kemudian tidak ada kecacatan pada kacang hijau, namun sebaiknya kacang hijau tidak berwarna kecoklatan dan juga tidak ada kebusukan pada kacang hijau.

Melakukan Kultivasi

Sebeleum melakukan kultivasi sebaiknya melakukan pencucian kacang hijau dengan bersih, setelah itu anda harus merendam bibit tersebut selama 24 jam. Kemudian anda harus menyiapkan baki dan tempat kapas menyeluruh pada bagian baki tersebut, Janganlupa untuk melakukan penyiraman dengan air supaya kapas basah. Kemudian masukan bibit kecambah dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan tempatkan dengan cahaya matahari agar pertumbuhannya dengan perkembangannya dengan cepat.

Pemanenan Kecamba

Pemanenan kecambah di lakukan saat setelah kecambah berukuran 0.5 – 1 cm baru bisa anda melakukan pemanenan atau dapat anda panen jika kecamba sudah memiliki akar tunggang. Cara pemanenan di lakukan dengan cara pencabutan dengan tidak merusak bagian akar dan batang kecamba. Setelah pemanenan selesai sebainya simpan pada tembat yang basah agar kecamba tidak layu dan kecamba kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme