Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Membasmi Hama Lalat Buah Tanaman Mangga

Cara Membasmi Hama Lalat Buah Tanaman ManggaLalat buah (Dacus dorsalis) adalah salah satu jenis OPT (Organisme Penganggu Tanaman) yang dapat menyebabkan kerusakan parah. Jika tidak dilakukan pengendalian dengan tepat dan cepat akan menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas buah serta menyebabkan kegagalanan panen.

Baca: Cara Mencangkok Tanaman Pohon Mangga Baik dan Benar 

Karakteristik  lalat buah umumnya memiliki ukuran panjang mencapai 7-8 mm, berwarna kuning, dan bersayap putih bening. Serangga ini sering menghinggapi buah mangga dan bertelur, serangan biasanya terjadi pada saat fase awal pembuahan.

Gejala Serangan Lalat Buah Pohon Mangga

  • Buah terserang akan terdapat lubang kecil di bagian tengah kulit
  • Serangan lalat buah dapat ditemukan pada buah yang hampir masak
  • Gejala awal ditandai dengan adanya titik bekas tusukan ovisator (alat peletak telur) lalat betina yang meletakan telur kedalam buah
  • Telur yang menempel di permukaan buah akan berubah menjadi larva yang akan merusak daging buah
  • Produktivitas mangga menurun karena banyak bagian daging buah yang membusuk dan gugur.

Cara Membasmi Lalat Buah Pohon Mangga

1. Cara Membasmi Lalat Buah Dengan Membuat Lem Perangkap

Gunakan lem perangkap untuk membuat lalat buah tidak bisa menusukan telur kedalam buah mangga. Misalnya menggunakan lem perangkap buah, seperti metilat, leila dan hogy. Caranya dilakukan dengan menggoleskan perangkap ke botol plastik, ditempatkan dii area tanaman pohon mangga.

2. Cara Membasmi Lalat Buah Dengan Menggunakan Musuh Alami

Dengan memanfaatkan musuh alami, juga dapat membantu menghilangkan atau menghindari serangan dari lalat buah. Musuh alami lalat buah seperti  Parasitoid dari famili Braconidae (Bioteres sp dan Opius sp).

3. Cara Membasmi Lalat Buah Dengan Cara Membungkus Buah

Cara ini sangat tergolong mudah diterapkan, namun sangat ampuh untuk menghindari serangan lalat buah. Dengan cara buah di bungkus menggunakan plastik putih ½ kg atau plastik hitam masing-masing buah. Penerapan ini dilakukan ketika fase pembuahan awal atau fase buah masak.

4. Cara Membasmi Lalat Buah Dengan Cara Pengasapan

Cara ini juga tergolong simpel dan mudah di terapkan, anda hanya melakukan pengasapan di area lahan tanaman pohon mangga. Dilakukan pengasapan dengan bahan seperti jerami kering, rerumputan, dan sebagainya.

5. Cara Membasmi Lalat Buah Dengan Cara Insektisida Kimiawi

Penggunaan insektisida kimia bisa dilakukan untuk serangan lalat buat dalam skala besar atau luas. Jenis bahan insektisida kimia untuk lalat buah, seperti santoat dan perfection. Insektisida berbahan aktif perefonofos antara lain buzzer, biocron atau curacron, sedangkan insektisida berbahan aktif metomil antara lain metindo, bomba atau lannate. Diaplikasikan dengan cara disemprot dengan dosis yang dianjurkan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Membasmi Hama Lalat Buah Tanaman Mangga. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme