Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Bibit Srikaya Jumbo Dengan Teknik Okulasi

Cara mendapatkan/membuat bibit srikaya jumbo dengan teknik okulasi – Buah srikaya banyak digunakan untuk industri makanan dan obat. Tanaman yang buahnya berbentuk bulat dengan tekstur kulit benjol-benjol kasar ini memiliki rasa daging yang manis sedikit asam. Tidak heran jika industri makanan kerap menjadikannya sebagai selai roti dan sirup. Di samping itu, srikaya juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk industri obat, srikaya bisa digunakan untuk mengatasi demam, diare juga menjaga kestabilan kadar asam urat.

cara membuat bibit srikaya jumbo dengan teknik okulasi

Tak cukup itu, buah srikaya yang masih muda bisa dijadikan obat pembasmi cacing atau insektisida hayati. Srikaya jumbo banyak dibudidaya di australia. Sesuai namanya, srikaya jumbo memiliki ukuran yang lumayan besar, dengan berat antara 700 gram hingga 800 gram per buah. Di indonesia, para pembudidaya srikaya jumbo hanya bisa dihitung dengan jari. Di antaranya pertanian di semarang oleh pak prakoso yang mendapatkan jenis ini dari thailand.

Baca: Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Contoh lain, adalah balitbang pertanian di pandean, jatim, serta jogjakarta, dan balitbu tropika yang berlokasi di sumatera barat dan nusa tenggara barat. Jika dibandingkan srikaya lokal yang kecil-kecil, srikaya jumbo memiliki ukuran 8 kali lipat besarnya. Wow… luar biasa. Keunggulan lainnya, daging buah srikaya jumbo lebih tebal, tidak berserat dan rasanya cenderung manis daripada srikaya lokal.

Melihat pangsa srikaya jumbo yang cukup menjanjikan namun masih sepi peminat yang mau membudidayakan, anda mungkin tertarik untuk mencoba menanam srikaya jumbo di rumah. Teknik yang biasa dipakai untuk membudidayakan srikaya jumbo adalah teknik okulasi. Berikut ini adalah cara mendapatkan bibit srikaya jumbo dengan teknik okulasi:

Cara mendapatkan bibit srikaya jumbo dari biji

  1. Siapkan batang bawah yang didapat dari srikaya lokal ataupun srikaya jumbo induk berusia lebih dari 3 tahun.
  2. Buah srikaya yang siap semai, dipetik dari pohon induk dipilih yang berkualitas dan bebas penyakit. Lalu belah untuk mengambil biji-bijinya.
  3. Biji yang akan disemai harus dicuci bersih dengan air mengalir.
  4. Tempatkan dalam media persemaian dengan tanah yang dicampur pasir
  5. Bila sudah muncul tunas muda, bisa dipindah ke polybag.
  6. Apabila batang srikaya jumbo sudah seukuran pensil, dapat dilakukan teknik okulasi.

Cara mendapatkan bibit srikaya jumbo dengan teknik okulasi

Ambil batang atas atau entress yang didapat dari varietas srikaya jumbo yang berkualitas, sehat, tahan atau bebas penyakit. Kemudian, batang bawah sedikit dikerat kulitnya sehingga membentuk huruf t. Lalu, entress ditempelkan dan diikat agar menempel kuat. Biarkan hasil okulasi ini tumbuh, jika sudah tumbuh, di bagian atas okulasi bisa dipotong atau dibiarkan hingga muncul tunas baru hasil okulasi.

Baca Juga:

Demikian semoga info cara mendapatkan bibit srikaya jumbo dengan teknik okulasi tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme