Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele Dari Eceng Gondok

Cara membuat pakan alternatif lele dari eceng gondok – Hai! Berjumpa lagi dengan kami di web sederhana ini. Kali ini kami akan menshare tentang Cara membuat pakan alternative lele dari eceng gondok untuk para pembaca tercinta. Selamat menyimak yaa..

cara membuat pakan alternatif ikan lele dari eceng gondok

Bahan dan Alat


Bahan utama yang dipakai adalah eceng gondok, dedak polish, bulu ayam, tepung tapioca, bungkil kelapa, dan juga ikan asin. Bahan lainnya yakni NaoH HCL 10 % ( agen penggumpal), 1% ( agen ekstraktif) , dan juga bahan pendukung lainya yang dirasa dianggap perlu.

Untuk peralatan yang dipakai antara lain semisal kain saring, baskom, pH meter, ayakan, timbang, press-cooker, mortal, dan juga alat penggiling grinder).

Proses pembuatan


Proses pembuatan pakan pelet ini diawali dengan tahapan proses pembuatan konsentrat protein yang berasal dari eceng gondok dan juga bulu ayam. Langkah ini ditujukan agar mutu dan status gizi protein yang dihasilkan bisa meningkat sehingga betul-betul dapat dihasilkan pakan pelet yang bermutu tinggi.

Sebelum dilakukan tahapan ekstraksi protein, tanaman eceng gondok serta bulu ayam sebelumnya dimasak presto selama kurang lebih satu jam. Kemudian digiling hingga kemudian diperoleh hasil hancuran yang agak kecil. Hancuran bahan ini kemudian ditambahkan larutan kimia NaOH 1 % pada rasio perbandingan 1 : 5 (b/v) hingga tercapainya kisaran pH 8,5 dan kemudian didiamkan selama 2 jam di suhu ruang sembari diaduk-aduk. Kemudian dilakukanlah penyaringan sehingga diperoleh hasil larutan ekstraksi satu dan juga ampas. Ampas yang didapat ini diekstrak lagi (untuk ekstraksi II) dengan perlakuan yang hampir sama dengan ekstraksi pertama, untuk mengekstrak sisa-sisa protein yang tertinggal di dalam bahan.

Larutan hasil dari ekstraksi I dan ekstraksi II digabung kemudian diendapkan dengan menambah larutan kimia HCL 10% hingga tercapainya titik Isoelektrisnya (yang kisaran pHnya 4,5), proses pengendapan ini dapat memakan waktu hingga 3 jam, kemudian endapan yang dihasilkan dari proses dipisahkan dengan teknik penyaringan. Endapan yang didapat selanjutnya dicuci dengan menggunakan air panas dan kemudian dilepaskan dari kain saringan. Hasil inilah yang dikatakan sebagai konsentrat protein tanaman eceng gondok dan bulu ayam.

Selanjutnya konsentrat ini kemudian dicampurkan dengan bungkil kelapa, dedak polish, tepung tapioka dan ikan asin dengan perbandingan takaran 4:5:15:2:4. Campuran ini kemudain diaduk dengan memakai tambahan air secukupnya hingga membentuk adonan yang cukup kalis. Setelah itu, dilakukan tahap penggilingan hingga menjadi bentuk serupa pellet. Tahap berikutnya, pellet yang dip dikeringkan dengan menjemurnya dibawah terik matahari selama 4 jam baru kemudian dapat dilakukan pengemasan.

Baca Juga:

Yap, itulah artikel tentang cara membuat pakan alternatif lele dari eceng gondok dari kami. Moga kiranya bermanfaat, terimakasih sudah mampir, see you next post yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme