Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Kambing Dari Kedebog Pisang

Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Kambing Dari Kedebog Pisang – Pakan alternatif merupakan salah satu cara yang banyak digunakan para peternak untuk meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya untuk ternak yang dibudidayakan dan dikembangkan, terutamanya ternak kambing. Ternak kambing ini merupakan salah satu ternak yang banyak ditemukan di Indonesia dari berbagai kalangan masyarakat, banyaknya peternak yang menyebar luas di berbagai daerah membuat para peternak kesulitan mencari pakan utama, rerumputan atau hijauan sehingga memanfaatkan pakan tambahan, terutamanya memanfaatkan pakan tambahan dari kedebog pisang (batang pisang).

1

Kedebog pisang ini merupakan batang pisang yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan ternak kambing, karena memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi dari batang pisang ini berupa, bahan kering 87,7 %, abu 25,12 %, lemak kasar 14, 23, serat kasar, 29, 40 %, protein kasar 3 %. Adapun kandungan lainnya dari batang pisang yang dapat berguna dan bermanfaat untuk pakan ternak, diantara yaitu asam amino, amine nitrit, glikosida, asam nukleat, glukosa dan pati.

Baca :Tips Pendongkrak Pengemukan Bobot Badan Ternak Kambing dan Sapi

Kelebihan menggunakan pakan dari kedebog pisang


  • Melancarkan dan memperbaiki sistem pencernaan ternak kambing
  • Meningkatkan produktivitas susu ternak kambing (Peranakan ettawa )
  • Meningkatkan bobot badan ternak kambing dengan cepat dan sehat
  • Meningkatkan nafsu makan ternak kambing
  • Meningkatkan sistem kekebalan ternak kambing
  • Feses (kotoran ternak) tidak akan bau, dan tidak mencemari lingkungan sekitar
  • Feses dan urine kambing lebih sedikit sehingga akan mempermudahkan dalam sanitasi perkandangan dan lingkungkan sekitar

Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Kambing Dari Kedebog Pisang


  1. Lakukan pencacahan kedebog pisang dengan halus dan merata, serta kecil – kecil.
  2. Kemudian siapkan larutan air gula dan air dari nanas sebanyak 1 liter
  3. Lalu siapkan juga pakan tambahan lainnya dengan ampas tahu, dan bekatul dalam wadah yang cukup besar.
  4. Kemudian masukan semua bahan tersebut kedalam wadah yang sudah disediakan tadi dengan menambahkan larutan gula dan air nanas tersebut, lalukan pengadukan hingga merata dan tercampurkan semua. Diamkan selama 15 – 20 menit.
  5. Tambahkan larutan garam dan lakukan pengadukan kembalu secara terus menerus hingga merata.
  6. Setelah itu, masukan bahan pakan yang sudah di aduk secara metara tersebut dalam wadah tertutup ( ember/ drum plastik ) dan lakukan penutupan hingga rapat (kedap dengan udara) hal ini bertujuan agar bahan pakan tersebut dapat mengurai dan menjadi pakan fermentasi yang baik. Diamkan selama 24 jam.
  7. Jika sudah selesai, pakan tersebut dapat diambil dan diaplikasikan untuk pakan ternak kambing yang diberikan pada pagi dan sore hari.

Baca juga :

Itulah informasi tentang cara membuat pakan alternatif ternak kambing dari kedebog pisang semoga informasi kami dapat berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme