Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Umpan Ikan Nila

Cara Membuat Umpan Ikan Nila – Umpan atau makanan merupakan kebutuhan bagi setiap hewan, dan makhluk hidup lainnya. Namun, umpan kali ini sangat berbeda dan juga sangat beragam mulai dari makanan manusia dan juga binatang sekitar bisa di manfaatkan untuk umpan ikan nila. Umpan ikan nila ini biasanya sangat dibutuhkan para pemancang mania untuk mendapatkan target ikan yang akan di pancing.

1

Memancing ikan tidaklah hanya menggunakan cacing saja, namun dapat juga menggunakan bahan pakan atau ramuan lainnya yang dijadikan umpan ikan. Dengan membuat umpan ikan dengan ramuan atau racikan sendiri akan membuat ikan mudah memakannya, dan juga mengurangi biaya pembelian umpan ikan. Untuk lebih jelasnya simak cara membuat umpan ikan nila dengan mudah dan sederhana.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Nila Yang sukses dan Cepat Panen

1. Belalang

belalang adalah salah satu binatang yang sudah sangat terkenal dan juga sudah populer dikalangan masyarakat. Belelang ternyata dapat juga dijadikan umpan ikan terutamanya ikan nila, hal ini dilakukan dengan cara mencari belalang yang segar, dan juga menaruhkan belalang tersebut ke pancing. Namun, perhatikan juga belalang yang akan di gunakan sebaiknya belalang yang disukai banyak ikan.

2. Ulat, Gendon, dan Juga belatung

selain belalang ternyata ulat, gendon dan belatung juga bisa dimanfaatkan untuk umpan pancing yang sangat alternatif. Penggunaan ini bisa dilakukan langsung dalam pancing binatang tersebut, dan bisa juga diolah dengan cara mengeringkan binatang tersebut, serta menghaluskannya. Kemudian menambahkan dedak atau bekatul yang sudah dihaluskan hingga merata. Dan buatlah bulatan menggumpal, lalu jadikan umpan pancing ikan nila.

3. Lumut, dan Roti

lumut memanglah sudah menjadi umpan yang paling alternatif digunakan untuk umpan ikan nila. Selain itu, ternyata roti yang di konsumsi manusia juga bisa dijadikan umpan ikan nila. Hal ini dilakukan dengan cara meremat-rematkan roti hingga padat dan juga letakan pada mata pancing, begitu juga dengan lumut buatlah bulatan padat yang membungkus mata pancing.

4. Kuning telur

kuning telur yang memiliki protein tinggi ini ternyata bisa dijadikan umpan juga dengan beberapa ramuan tambahan bahkan juga tidak. Kuning telur ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan hingga merata dan mencampurkan sedikit air, dan buatlah bulatan yang padat agar tidak mudah hancur dengan mudah.

5. Olahan lainnya

jika anda suka mengelolah pakan atau umpan sendiri dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan ampas tahu  atau ampas kedalai, dan cacing  lalu mencampurkannya dengan dedak halus atau pelet. Kemudian lakukan pencampuran hingga merata, tuangkan air secukupnya. Lalu buatlah bulatan kecil atau langsung letakan pada mata pancing dan remat-remat hingga padat.

Demikianlah cara membuat umpan ikan nila semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan berguna  bagi para pemancing yang ada di indonesia.

Baca juga : Cara Budidaya Buah Nangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme