Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh – Budidaya bunga kertas agar cepat tumbuh dengan baik.  Bunga kertas dapat ditanam dengan beberapa cara, seperti dengan cara stek, atau teknik sambung putus. Bunga ini dapat juga dilakukan dengan cara pembibitan, namun membutuhkan waktu yang cukup lama.

2.1

Bunga Kertas ( Image : source )

Penanaman bunga kertas ini harus dilakukan dengan media tanah yang baik, subur, gembur, dengan pH normal dan memiliki unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman bunga kertas. Namun sebelum melakukan penanaman perlu diketahui bunga kertas ini memiliki karakteristik dan ciri khusus yang banyak disukai orang bahkan, terutamanya memiliki warna yang beragam, bentuk bunga yang unik, dan memiliki aroma atau bau yang khas. Berikut ada beberapa tips mudah dan tata cara menanam bunga kertas agar cepat tumbuh dan perawatan tanaman bunga kertas.

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek Bulan

1. Menanam Tanaman Dengan Stek Batang


Menanam bunga kertas dengan stek batang, penanaman dengan metode ini hampir sama dengan tanaman bunga melati dengan melakukan stek batang. Anda bisa melakukan pemilihan batang yang sudah dewasa dan kemudian lakukan pemotongan batang tanaman tersebut dengan cara menyerong dan meruncing. Setelah itu, anda dapat bisa menanam atau menancapkan batang tersebut dengan kedalaman 5 cm. Dalam metode penanaman ini harus dilakukan pada pagi atau malam hari karena tingkat tumbuh tunas baru pada tanaman ini semakin meningkat.

2. Menanam Tanaman dengan Media Campuran


Menanam tanaman bunga kertas dengan media campuran ini biasanya menggunakan campuran dari pasir. Tumbuhan bunga kertas ini sangat baik dan menyukai tanaman media tanaman agar berpasir. Lakukan pencampura media pasir yang bersifat porous, sehingga media tanam tersebut memiliki pori – pori atau lubang yang berguna untuk keluar masuknya udara dan drainase air. Menanam dengan metode ini harus menjaga tingkat kelembaban media tanah, karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman bunga kertas.

3. Menanam Tanaman dengan Sambung Pucuk


Menanam tanaman bunga kertas dengan teknik sambung pucuk memang sangat populer, di karenakan dalam satu tanaman dapat menghasilkan beragam warna di dalam tumbuhan. Sebenarnya menggunakan metoda penanaman ini membutuhkan keahlihan karena termasuk sangat sulit dan mengakibatkan kegagalan yang besar. Namun apa salahnya jika mencoba menanam tanaman bunga kertas untuk melakukan sambung pucuk, biasanya dilakukan penyambungan cabang bunga mudah pada bunga kertas jenis lain ke tanaman bunga kertas yang sudah berusia dewasa. Biarkan cabang tersebut menyatu dan tumbuh dengan melalui batang utama.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Kertas


Perawatan bunga kertas biasanya dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menjaga kelembaban media tanah dengan baik.
  • Melakukan penyiraman dua kali dalam sehari, agar media tanah tidak terlalu kering
  • Memangkas percabangan bunga kertas, agar pertumbuhan tidak terganggu.
  • Melakukan pemupukan bunga kertas dengan anorganik atau organik, agar media tanah gembur dan subur.
  • Pengendalian hama dan penyakit bunga kertas, dengan cara melakun sanitasi, penyemprotan insekstisida dan lainnya.

Baca juga :

Itulah tentang cara menanam bunga kertas agar cepat tumbuh dan berbunga semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Incoming search term :

  • Cara Menanam Bunga Kertas
  • Cara Budidaya Bunga Kertas
  • Cara Merawat Bunga Kertas
  • Menanam dan Budidaya Bunga Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme