Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menanam Tanaman Pisang

Cara Menanam Tanaman Pisang – Budidaya pisang merupakan salah satu prospek yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya pada umumnya. Terutamanya pada para petani yang ada di perdesaan yang memiliki lahan yang cukup luas atau secukupnya dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah pisang.

1

Dalam budidaya tanaman buah pisang, harus memperhatikan panduan atau tata cara penanaman pisang dengan baik dan benar. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi produksi buah yang akan dihasilkan, baik dalam menentukan sebuah lokasi penanaman, penggunaan bakal bibit, pengelolahan media tanam dan juga pemeliharaan atau perawatan tanaman buah pisang.

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang

Penentuan lokasi tanaman pisang

  • Lokasi sebaiknya jauh dari tempat keramaian, atau pun banyak binatang yang berkeliaran di wilayah tersebut
  • Memiliki unsur tanah yang baik dan juga subur
  • Jauh dari rawan kebanjiran
  • Sinar matahari cukup untuk tanaman buah pisang

Penentuan pengguan bibit

Sebelum penanaman atau budidaya di mulai sebaiknya harus menentukan bibit yang akan di gunakan atau jenis buah pisang yang akan di tanaman diantaranya :

  • Bibit berasal dari tanaman yang berkualitas baik dalam buah maupun pertumbuhan yang cepat
  • Bibit tidak memiliki kecacatan maupun dalam terserang hama maupun penyakit
  • Menentukan bibit yang cocok di tanam pada media tanah seperti pisang warangan, raja, dan pisang lainnya.
  • Bibit sudah siap masa tanam, atau sudah memiliki perakaran yang banyak.

Pengelolahan media tanam

Pengelolahan media tanam ini biasanya dilakukan dengan cara membersihkan lahan atau lokasi yang akan di tanaman atau budidaya tanaman pisang, melakukan pengemburan media tanam dengan cara membajak atau mencangkul, mencampurkan dengan media pupuk organik maupun anorganik, pembuatan lubang sebelum masa tanam dengan jarak tanam 60 – 100 cm dan kedalaman mencapai ½ – 1 meter tergantung perakaran pada tanaman pisang, dan juga melakukan pengapuran jika pH tanah yang digunakan belum netral, diamkan beberapa minggu sebelum masa penanaman.

Penanaman tanaman pisang

Penanaman tanaman buah pisang ini dilakukan dengan cara mengambil bibit yang akan di tanaman, lalu masukan media bibit kedalam lubang yang sudah disediakan tersebut, kemudian lakukan penguburan dengan media tanah yang ada di permukaan dan lakukan penyiraman hingga media tanah basah.

Pemeliharaan tanaman pisang

Pemeliharaan tanaman buah pisang ini hampir sama dengan tanaman lainnya pada umumnya yaitu dengan cara melakukan penyiangan bagi tanaman yang tidak tumbuh dengan baik, melakukan penyiraman secara  teratur minimal 2-3 kali dalam sehari, melakukan pemupukan secara berskala untuk memperbaiki unsur tanah pada tanaman, dan juga melakukan pengendalian hama dan penyakit dengan baik.

Pemanenan tanaman pisang

Pemanenan tanaman buah pisang ini biasanya dapat dilakukan pada umur tanaman pisang sekitar 6-8 bulan bahkan lebih tergantung dengan jenis dan varietes tanaman yang akan di gunakan, yang ditandai dengan buah yang sudah berwarna kekuningan, dan juga tangkai buah sudah berwarna kecoklatan. Pemanenan ini dilakukan dengan cara memotong pangkal tangkai dengan menggunakan pisau tajam atau benda lainnya yang dapat memotong tangkai buah pisang tersebut.

Baca juga : 

Itulah seputar cara menanam atau budidaya tanaman pisang semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme