Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Menanaman Ketumbar

Cara Menanaman Ketumbar – Ketumbar ( Coriandrum Sativum ) merupakan sebuah tanman rempah – rempah yang sangat lah populer . Tanaman ini memiliki daun yang sangat lah segar berwarna hijau pekat atau gelap yang biasanya di gunakan untuk penyedap  berbagai makanan asia . Ketumbar ini juga sering di sebut dengan nama Coriender (Chinese Parsley ) . Dalam penanaman ketumbar ini sangat lah mdah karena mengunkan bijinya bisa langsung di tanam.

ketumbar

Ada beberap cara menanam dan membudidayakan tanaman ketumbar dengan lengkap yaitu sebagai berikut ini :

1.Pemilihan waktu tanam .

 Waktu terbaik untuk penanaman pada ketumbar di tentukan elh lokasi tempat tinggal anda . Ketumbar tidak dapat tumbuh pada salaju , tepi ketumbar tidak tahan panas yang sangat lah ekstrim , iklim yang lebih hangat , waktu dalam penanaman ketumbar adalah pada akhir musim semi di antara bulan maret dan bulan mei . Sedangkan tanman pada ini sangat lah bagus untuk tropis karena sangat lah memilih suhu yang tidak lah terlalu dingin dan panas .

2.Persiapan titik Tanam

Pemilihan tanah diman ketumbar terkena cahaya matahri yang sangt lah bagsu . Ketumbar peru sedikit perlindungan juga seperti tanman yang bagus untuk pelindung . Tanah yang di gunakan pada tanman ketumbar subur , banyak mengandung organik dan memilki ph 6.2 – 6.8

Kemudian campurkan tanha dengan pupuk yang sangat ah bagsu untuk pertumbuhan tanah yaitubseperti pupuk kandang ( kompos ) dengan car mencampurnya secar merata dan diamkan beberapa hari agar terjadinya peningkatan kesuburan pada tanah .

3.Penanam Biji ketumbar

Sebelum melakukan sebuah penanaman lakukan penyemaian biji ketumbar di dalam tanah dengan kedalam ¼ inchi , dengan jarak 6 hingga 8 inchi dengan jarak barisan antara 25-30 cm . tanaman ketumbar memrlukan kelambapan untuk germinasi jadi pastikan untuk sering melakukan sebuah penyiraman secar rutin .

Untuk memerlukan sekitar satu inchi setiap minngu dan akan mulai germinasi dalam waktu 2 sampai 3 minggu untuk menghasilkan sebuah ketumbar yang sanagt lah bagus . Tapi anda harsu memperhatikan ketumbar karena ketumbar sanbat lah memiliki daya tumbuh yang sangat lah cepat . maka anda melakukan penanaman setiap 2 – 3 minggu untuk memastikan sebuah penyuplaian sepanjang musim .

4.Perawatan tanaman Ketumbar

Setalah penanaman sudah mencapai sekitar 2 inchi . mak anda ahrus memberi kan sebuah puk kandang dan nitrogen yang sudah di larutkan ke air . dan jangan sampai berlebihan dalam pemberian air karena akan mengakibat kamatian pada tanman ketumbar . anda ahanya memberikan pupk ¼ cangkir pupuk untuk setiap tanman 7.6 m area tanam .

Hal ini di lakukan agar tanah menjadi lembab dan tetap subur karena hal ini sangat lah membantu proses pertumbuhan pada ketumbar .

5.Pemanenan ketumbar

Pemanenan ketumbar dengan melakukan sebuah pemotongan daun tunggal dan batang dari bagaian dasar tanman , dekat tanh saat batang tanman telaha mencapai tinggi 4 – 6 inchi . Gunakan tanman baru yang segar dalam masakan . buka daun yang sudah tua yang teras pahit .

Selamat bercocok tanaman

 Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme