Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Ampuh Menentukan Jalan HIdup Yang Sukses

sukses

Mengubah diri menjadi lebih baik tentunya sudah menjadi sebuah keharusan sikap yang dimiliki oleh setiap manusia apalagi kita nih yang sekiranya masih sering labil atau sering galau tak menentu.keharusan merubah diri itu bukanlah untuk orang lain,atau untuk remajja,atau untuk orang bandel atau nakal saja,tetapi melainkan untuk diri kita sendiri .manfaatnya baru akan terasa itu nanti pada diri sendiri.karena masih ingat tidak ada pepatah yang mengatakan bahwa:”apa yang kita tanam,itu yang kita panen “.hal yang mau kita rubah sebenarnya hanya itu ke itu-itu saja ,cumin mungkin caranya tiap orang beda .banyak mungkin berpuluh-puluh jenis sesuai porsi dan keinginan setiap orang masing-masing dan masing-masing mereka mencari cara agar bisa merubah diri dan mencoba mencari cara untuk merubah kegagalan.

  1. Merubah kebiasaan untuk tidur setelah shalat subuh dari SMA sampai kuliah seringnya gagal.
  2. Membiasakan diri shalat tepat waktu ,ketika di SMA mungkin sukses tapi kuliah seringnya gagal sering kelewatan.
  3. Seminggu sekali olahraga,ketika menganggur saya saja sukses
  4.  Setiap hari mengaji ,ketika SMA rajin ngaji mungkin karna faktor orangtua ,tetapi sekarang kuliah jarang banget ngaji.
  5. Puasa senin kamis,nah loh ini susah juga nih ,ini pas SMA juga kayanya ,pas udah kuliah gini biasanya bablas.
  6. Membiasakann mengucapkan terima kasih kepada orang yang berbuat baik sekecil apapun,seringnya kelupaan,gak tau diri ya gak,,
  7. Membiasakan membaca buku seminggu sekali ,wah kebanyakan alasannya males,capek dan lain-lain,paling pas mau ujian,,wah itu jangan ditiru ya
  8. Dan sebagainya deh

Sesuatu hal yang melunturkan atau menmengendorkan semangat kita menemukan diri kembali gagal dalam menerapkan kebiasaan baru tersebut  .

Saya sering mengalami kondisi jatuh bangun dari sekian puluh kali jatuh bangun kemudian jatuh lagi trus bangun lagi nah pada saat hamper  down akhirnya saya menemukan secercah hikmah mengenai cara-cara sederhana untuk merubah diri .dan saya menuliskan ini khususnya nih buat temen-temen semua.

beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika kita ingin merubah diri .yuk temen-temen di simak ya:

 1.Mulailah cukup dengan  satu target

Salah satu kesalahan saya didlam merubah diri ketika itu adalah terlalu banyak target yang ingin saya rubah nih temen-temen.alhasil karena banyaknya target akan membuat kita enggak fokus.begitu satu target ingat,nah langsung deh target yang lain kelupaan.jadi usahakan satu target aja deh buat memulainya.begitu nanti udah terbiasa baru pilih tuh satu target lainya.

 2.beri jangka waktu dan tahapan

Ketika kebiasaan yang kita rubah itu berkaitan dengan frekuensi ,targetkan perubahan itu sesempurna mungkin(sesuai target maksudnya)maksimal nih saya contohin 6 bulan atau kelamaan bisa juga jadi 3 bulan .

Misalnya nih kebiasaan tersebut adalah setiap hari .lalu kita beri tahapan .satu bulan pertama .target sedekah sekali .kemudian 2 minggu 1 kali.dan seterusnya diamalkan deh hingga terbiasa dilakukan setiap hari .

3.disiplin dan fokus

Kedua hal ini adalah hal yang saling berkaitan jadi jangan dipisah-pisah ya temen-temen karena ini melengkapi dan menguatkan .cuman sayang orang biasanya tidak suka mendengar kata disiplin .dan orang secara tidak sadar mudah terpengaruh sehingga pada akhirnya menjadi tidak fokus .

Sepengetahuan saya nih ,ada defenisi atau pengertian generic yang salah dalam benak semua orang mengenai disiplin .yaitu disiplin adalah salah satu sikap yang ada pada diri kita masing-masing.sehingga orang sering orang mengeluh bahwa dia bukanlah orang yang disiplin/mempunyai kedisiplinan .padahal disiplin yang benar adalah sebuah alat.alat berarti sesuatu yang berada diluar tubuh kita .dengan kata lain jika kita berdisiplin ,artinya kita menggunakan sebuah alat ,alat berarti sesuatu yang berada diluar tubuh kita.
dengan kata lain jika kita berdisiplin,artinya kita menggunakan sebuah alat yang bernama disiplin sebenarnya dapat diatasi dengan hanya melihat kembali defenisi sesungguhnya dari kata disiplin .selain itu fokus adalah faktor lain yang sering membuat kita gagal dalam merubah kebiasaan .padahal arti sederhana dari fokus adalah mengingat kembali tujuan kita .jadi semakin sering kita mengingat tujuan kita,akan dengan mudah kita bisa fokus.

4.Semangat juang

Biasanya dalam merubah diri kita sering nya semangat diawal-awal saja ,tapi setelah beberapa saat semnangat kita turun lagi.ada orang yang bilang mood saya lagi gak bagus.tapi diluar dari itu ,itu hanyalah sebuah alas an .dan beralasan hanyalah memperjelas kesalahan atau kekurangan kita saja.lalu apa yang mesti kita lakukan ketika berada di palung laut yang dalam(cielah bahasanya)ya just do it!bergerak saja! Lakukan!jangan banyak alas an!tempa diri!disiplin!itu biasanya yang saya lakukan kepada diri saya .saya mengompori diri saya sendiri dengan berkata-kata seperti itu.walhasil,biasanya rasa malas atau berat hati hilang dalam hitungan detik saja setelah saya memulai menggerakkan tubuh saya untuk melakukan kebiasaan baru saya .kalau Muhammad saw .dulu pernah bersabda:”sesungguhnya sabar itu hanya pada benturan pertama saja “.ini mirip banget sama rasa yang saya alami rasa malas atau berat hati tadi.sifat-sifat jelek itu hanya mengganggu diawal-awal saja ,sesudah kita mengalahkan sifat itu,yang kita rasakan adalah nikmat dan syukur karena kita bisa berhasil.insya allah

5.Beri hukuman

Beri hukuman kepada diri kita sendiri,begitu mendapati diri kita tidak dapat memenuhi target .misalkan nih sedekah Rp.50.000,- saat itu juga per setiap kesalahan .hal ini akan membuat kita lebih termotivasi untuk menjaga konsistensi.

6.Ajak teman kita

Jika kita belum pernah merasakan manfaat punya teman ,berarti saatnya kita memanfaatkannya .ajak kerja sama teman kita ,beritahu mereka komitmen yang kita buat untuk berubah .kasih tau kalau kita tidak berubah ,tagih kita hubungan yang kita telah tetapkan .hal ini jauh bermanfaat ,karena biasanya teman lebih ‘tega’dari pada diri kita sendiri .tapi iniuntuk kebaikan kita sendiri.

7.Beri reward diri kita

Beri rewad atau hadiah pada diri kit apabila nih target kita tercapai.ini penting ,karena akan melengkapi rasa nikmat atas perjuangan yang telah kita capai untuk memperbaiki diri kita.dan biasanya ini akan membuat atau menambah energi baru untuk memenuhi target lain.

Nah ,temen-temen itu tadi beberapa ide  sederhana yang sekiranya kalau kita lakukukan dengan rutin akan memberikan efek yang amazing banget loh,yang gak percaya silahkan buktiin deh.insyaalah sukses kalo udah nerapin yang udah saya jelasih tadi.satu hal yang perlu ditekankan adalah apabila kita ingin memenuhi target tersebut kita telah terbiasa dengan kebiasaan baru tersebut ,bukan berarti godaan atau cobaan untuk melakukannya tidak ada lagi.tetep pertahankan kebiasaan baru yang fositif tersebut,hingga nantinya melekat dengan baik dalam diri kita ,lebih jauh lagi didalam sanubari kita.sehingga kalau gak kita lakuin kita kangen eh rindu untuk melakukannya temen-temen.intinya konsisten konsep utamanya adalah berubah tuh sedikit saja,tapi konsisten .

Analoginya gini,jika kita mengubah arah perubahan 1 derajat saja namun kita konsisten dan searah dengan perubahan tersebut.maka hasilnya bisa temen-temen rasain deh sendiri.

Sekian ya dari saya teman-temen ,semoga ini bermanfaat dan temen-temen sekalian termotivasi untuk memulai perubahan-perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme