Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga Hama Penggerek batang adalah salah salah satu jenis hama yang sangat sulit dikendali dan sulit dilakukan pemusnahan secara langsung. Hama penggerek batang disebabkan oleh serangga Batocera rufomacu lota.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Burung Cenderawasih (Paradiseae sp)

Hama ini sangat mirip dengan kunang-kunang, namun memiliki ukuran relatif besar dengan sayap dan antena di kepalanya. Hama ini menyerang mulai dari pucuk cabang tanaman, terutamannya pada tanaman yang luka dan kemudian serangga ini meletakan telurnya. Setelah itu telurnya menjadi larva bergerak menuju kebagian dalam cabang dan mengerogoti bagian batang tanaman hingga rusak.

Gejala Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

  • Adanya lubang di pada batang pohon mangga
  • Pada bagian dalam batang pohon mangga akan busuk, sehingga tanaman lama-kelamaan akan mati
  • Disekitar terserang akan terdapat bubuk kayu bagian lubang
  • Rusaknya jaringan dalam pohon mangga, sehingga menyebabkan tanaman mati dan menurunnya produktivitas buah karena kekurangan asupan

Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

Ada beberapa cara untuk mengatasi serangan hama penggerek batang pohon mangga, yaitu:

  1. Menggunakan bahan aktif insektisida sistemik, yaitu Imadikoplrioid. Cara penggunaan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan, biasanya digunakan dengan interval 7-14 hari. Untuk buah yang hendak di panen atau dipetik harus dihentikan pada interval 14 hari untuk menghindari residu kimia berlebihan pada buah.
  2. Menggunakan instektisida berbahan aktif, seperti Besvidor 25 WP, Decis 25EC, dan sebagainya. Cara penggunaan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan, biasanya digunakan dengan interval 7-14 hari. Dengan cara disemprot pada pagi dan sore hari.
  3. Menggunakan agen hayati (musuh alami), biasanya menggunakan musuh alami seperti Jamur Beauveria bassiana, bakteri NEP dan larva antagonis Gregarius ectoparasit.  Dapat di temukan secara langsung, atau juga bisa membelinya di toko terdekat.
  4. Cara mencegah serangan hama penggerek batang, bisa dilakukan dengan cara melakukan monitoring tanaman 2-3 hari sekali bertujuan untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan dan disebabkan oleh hama apa.
  5. Dan dilakukan sanitasi dengan cara membersihkan area tanaman dari gulma yang dapat menyebabkan tanaman terinfeksi hama dan penyakit selain penggerek batang.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme