Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengatasi Stres dan Meningkatkan Stamina Ternak Kambing

Cara Mengatasi Stres dan Meningkatkan Stamina Ternak Kambing – Ternak kambing rentan mengalami stress. Stress pada kambing dapat disebabkan oleh lingkungan ataupun oleh adaptasi yang kurang baik. Stress yang tinggi juga mungkin disebabkan ketika kambing melalui perjalanan panjang dan perubahan tempat tinggal. Stress pada kambing tentunya akan mengakibatkan daya tahan tubuh yang terus menurun, sehingga stamina kambing pun akan melemah. Stamina kambing yang menurun tentu merupakan pertanda yang buruk. Selain kualitas produksinya akan menurun, kambing pun akan mudah terserang penyakit. Macam-macam penyakit pada kambing tak jarang juga dapat menyebabkan kematian. Tentu bagi peternak, kematian hewan ternak adalah kerugian terbesar yang harus dihindari. Oleh karena itu, penting bagi para peternak untuk mengetahui cara meningkatkan stamina ternak kambing mereka.

1

Berikut ini kita akan mengetahui beberapa cara meningkatkan stamina ternak kambing. Namun sebelumnya, terdapat tanda-tanda kambing yang staminanya menurun, tanda-tanda tersebut antara lain:

Baca : Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pemeliharaan Kerbau

  • Nafsu makan kambing akan berkurang. Tandanya seperti makanan yang bersisa atau bahkan tidak dimakan sama sekali.
  • Kambing beraura tidak baik dan sering menduduk.
  • Kambing tidak banyak beraktifitas dan hanya berdiam diri. Juga tak jarang kambing terlihat lesu dan tak bertenaga.

Jika ternak kambing anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, maka kambing anda telah mengalami stress yang mengakibatkan staminanya terus menurun. Anda harus segera menanggulangi keadaan ini dengan meningkatkan stamina ternak kembali. Bagaimana cara meningkatkan stamina ternak kambing anda kembali? Ada beberapa upaya yang dapat meningkatkan stamina ternak, sebagai berikut:

  • Pemberian jamu; terdapat jamu yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah kelesuan dan meningkatkan stamina ternak kambing anda. Jamu ini didapatkan dengan membuat ramuan sendiri. Hanya ada beberapa ramuan yang diberikan kepada kambing. Ramuan pertama adalah campuran santan dari dua buah kelapa yang dicampur dengan setengah kilogram gula jawa serta 1 liter air. Ramuan yang kedua adalah melarutkan gula merah sebanyak seperempat kilogram dan asam jawa secukupnya untuk membantu kambing beradaptasi dengan situasi yang terik atau lingkungan baru. Ramuan yang ketiga adalah campuran madu sebanyak seperempat gelas dengan kuning telur itik sebanyak 1 butir. Campuran ini diminumkan kepada kambing untuk dapat meningkatkan kembali staminanya. Pemberian ramuan jamu ini telah berhasil membantu ternak kambing untuk kembali aktif dan berstamina tinggi.
  • Selain pemberian jamu stamina yang menurun pada ternak kambing dapat diatasi dengan melakukan penggembalaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kambing yang staminanya turun biasa disebabkan oleh stress akibat adaptasi yang tidak berhasil dilakukan. Oleh karena itu, peternak dapat membantu kambing beradaptasi dengan melakukan penggembalaan kambing untuk berjalan-jalan ke luar dari kandang. Tentu saja stress pada ternak kambing akan berkurang dan semangat serta staminanya akan kembali meningkat.

Baca juga :

Begitulah tadi beberapa cara meningkatkan stamina ternak kambing anda. Cara-cara tersebut merupakan cara sederhana yang anda dapat lakukan sendiri. Perhatikanlah terus kondisi ternak kambing dan jika ditemukan tanda-tanda stamina yang menurun segera lakukan penanggulangan. Penanggulangan yang tepat waktu akan mencegah kematian ternak anda.

Kata Kunci Pencarian :

  • Pengobatan kambing stres
  • Pencegahan kambing stres
  • Tanda – tanda kambing stres
  • Obat tradisional kambing stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme