Cara Menggugurkan Kandungan Aman dan Alami

Cara Menggugurkan Kandungan Aman dan Alami – Menggugurkan kandungan memang merupakan salah satu cara untuk mengatasi dari beberapa kasus kehamilan dan tidak dapat di hindari. Menggugurkan kandungan ini dapat dilakukan karena kehamilan tidak dapat bisa di selamatkan dan juga membahayakan kesehatan sang ibu.

Di Indonesia menggugurkan kandungan atau Aborsi yang sengaja sangat tidak di izinkan sesuai peraturan UU Nomor 36 tahun 2009 mengenai kesehatan dan juga peraturan Pemerintahan Nomor 61 tahun 2014 mengenai kesehatan reproduksi, kecuali dengan beberapa alas an seperti mengancam nyawa sang ibu, janin dan juga korban pemerkosaan, aborsi dapat dilakukan.

Cara Menggugurkan Kandungan Aman dan Alami

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menggugurkan kandungan dengan aman dan alami, yaitu:

1. Menggunakan Obat Penggugur Kandungan

Cara menggugurkan kandungan yang pertama adalah dengan menggunakan obat penggugur kandungan, seperti Mifepriston atau RU-486 dan Misoprospol (Cytotec, Misodel, Mistrol, dll). Penggunaan obat penggugur ini bisa dilakukan ketika usia kandungan kurang dari 12 minggu. Tingkat keberhasilan biasanya hanya sekitar 60%, namun terkadang juga mencapai 97%. Efek samping penggunaan obat ini akan mengalami kram perut dan pendarahan.

2. Melakukan Operasi

Cara menggugurkan kandungan yang kedua adalah dengan melakukan prosedur operasi. Ada tiga cara prosedur operasi kandungan, yaitu Vakum aspiri, Dilatasi dan Evakuasi, dan Dilatasi dan Ekstrasi. Berikut penjelasannya:

a. Vakum aspirasi

Vakum aspirasi ini adalah cara menggugurkan kandungan paling efektif dan aman, biasanya dilakukan hanya sekitar 10-15 menit. Prosedur ini disebut juga kuretasi isap.  Prosedur ini dilakukan dengan cara pasien berbaring di tempat tidur, dan kemudian diberikan obat bius pada leher rahim, selanjutkan mengeluarkan janin dan plasenta dari rahim menggunakan alat kuretase isap.

b. Dilatasi dan Evakuasi

Cara menggugurkan kandungan selanjutnya adalah dengan cara Dilatasi dan Evakuasi (metode D & E). prosedur ini dilakukan dengan cara menggabungkan antara kuratase dan vakum aspirasi. Dengan cara memasukan dilator sintetsi atau laminaria yang digunakan untuk melebarkan leher rahim. Kemudian, lakukan vakum aspirasi, yaitu penyedotan jaringan dalam rahim. Selanjutnya lakukan ecakuasi konsepsi yang berguna untuk memastikan rahim benar-benar bersih dan tidak ada yang tersisa satu pun.

c. Dilatasi dan Ekstrasi

Cara menggugurkan kandungan selanjutnya adalah Dilatation & Extraction (D & X). prosedur ini dilakukan ketika kandungan ber usia sudah melebihi 21 minggu. Proses ini dilakukan dengan memasukan lamainaria ke dalam vagina untuk melebarkan serviks. Setelah beberapa hari ketuban akan pecah baru bisa dilakukan pengeluaran janin menggunakan forcep.

3. Menggugurkan Kandungan Dengan Cara Tradisional

Menggugurkan kandungan juga bisa dilakukan dengan cara tradisional atau herbal. Dengan cara ini memang sangat membutuhkan waktu, namun memiliki peranan yang sangat baik untuk kesehatan sang ibu. Jika dibandingkan dengan menggunakan obat penggugur kandungan. Cara tradisional untuk mengugurkan kandungan, yaitu:

  • Mengkonsumsi jamu, seperti jamu racikan mengandung ragi hingga jamu kunyit asam.
  • Meminum minuman beralkohol, mercuri dan bersoda.
  • Meminum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi.
  • Mengkonsumsi buah-buahan, seperti nanas, durian, dan pepaya muda.

Demikianlah ulasan Cara Menggugurkan Kandungan Aman dan Alami . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, serta menambah wawasan anda tentang pengguguran kandunga. TERIMA KASIH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *