Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengobati Penyakit Mencret Pada Kambing

 

Cara Mengobati Penyakit Mencret Pada Kambing – Mencret atau diare ternyata juga seringkali dialami oleh ternak seperti kambing. Mencret dapat terjadi karena adanya gangguan pada system saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteria, makanan yang rusak, serta lingkungan sekitar atau juga udara dingin.

Gejala klinis apabila kambing mengalami atau sedang mencret yakni kotoran feses yang dikeluarkan oleh kambing berwarna hijau mengkilap, hijau muda, hijau kemerahan, hijau kekuningan, ataupun berwarna hijau kehitaman.

Baca: Cara Mengobati Bisul Pada Kucing Peliharaan

Selain itu, terdapat juga tanda klinis yang lainya semisal kambing ternak yang tampak lesu, lemah dan juga terlihat pucat. Pencegahan yang bisa dilakukan agar kambing tidak mengalami penyakit mencret ataupun diare yakni:

  • Hindarilah pemberian jatah konsumsi dedaunan hijau yang baru dipupuk, ataupun kacang – kacangan atau juga daun muda tumbuhan secara berlebihan.
  • Tetap menjaga kebersihan dan juga sanitasi kandang.

Pengobatan sejenis jamu yang dapat diberikan pada kambing ternak yakni sebagai berikut :

  • Ternak lebih banyak diberikan daun tumbuhan hijauan yang berasal dari pohon jambu biji, atau bisa juga daun bambu muda dan juga daun buni.
  • Untuk racikanya, daun jambu biji sejumlah 5 lembar, garam dapur sebanyak 2 sendok makan, air kelapa segelas. Kemudian kesemua bahan dicampur menjadi satu campuran kemudian campuran diaduk hingga merata. Setelah itu berikanlah 1/3 gelas untuk kambing ternak anda selama 3 hari berturut – turut.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit diare atau mencret yang menyerang kambing, yaitu :

Cacingan

Kambing bisa juga mengalami penyakit cacingan. Kambing yang sering menderita serangan penyakit cacingan adalah ternak kambing yang sering dilepas atau yang jenis pakanya berupa rumput lapangan.

Makanan

Tak hanya disebabkan karena adanya cacing pada tubuh kambing, makanan juga menjadi salah satu penyebab kambing dapat mejadi mencret atau diare.

Pengendalian yang dapat dilakukan untuk mencegah si kambing agar tidak mencret atau terkena diare :

  • Berikanlah jenis pakan yang kering (tidak basah)
  • Berikanlah daun jambu dan daun pisang
  • Berikanlah obat diare semisal saja norit, diapet, entrostop, molagit dan lain lain

Cara pemberian obat, bisa dengan cara memasukkan obat kedalam buah pepaya, pisang, nangka atau bisa pula dengan memasukan kedalam roti atau dapat juga dibungkus dengan memakai daun yang disukai si kambing setelah itu berikanlah kepada kambing ternak.

Masalah diare ini merupakan masalah yang biasa dan akan terus terjadi pada ternak kambing, terutama pada kambing yang usianya masih muda. Dengan metode program pemberian nutrisi yang cukup pada ternak kambing, sanitasi kandang serta manajemen dan perawatan kesehatan yang baik sangatlah diperlukan untuk meminimalisasir dampak serta kerugian yang berpotensi akan terjadi.

Baca Juga:

Senaniasalah menciptakan suasana kandang kambing yang bersih dan juga tetap kering, agar kesehatan ternak kambing terjaga. Semoga artikel singkat ini bermanfaat yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme