Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Merawat Ayam Aduan Usai Bertarung

Cara Merawat Ayam Aduan Usai Bertarung – Pertarungan pada ayam bukanlah hal seperti lomba sederhana yang hanya membuat lelah. Faktanya, bahkan ada ayam yang mati setelah bertarung. Hal ini disebabkan oleh pertarungan antar ayam yang memang merupakan pertarungan hidup dan mati. Ayam setelah bertarung kondisinya akan amat sangat buruk. Jika tidak dilakukan perawatan, ayam juga dapat mati setelah kembali ke kandang. Oleh karena itulah, diperlukan perawatan. Bagaimanakah cara merawat ayam setelah bertarung? Berikut ini panduan merawat ayam aduan usai bertarung. Silahkan simak penjelasannya dan manfaatkan ilmunya.

merawat ayam aduan usai bertarung

Segera setelah ayam selesai bertarung, segera lakukan perawatan untuk pertolongan pertama. Perawatan ini dapat dilakukan langsung di arena bertarung ayam jagoan anda. Apa jenis perawatannya? Berikut ini perawatan yang anda bisa lakukan untuk ayam sebagai pertolongan pertama.

Baca: Cara Pemeliharaan Indukan Ikan Nila Dengan Mudah

  • Lakukan pengkorokan. Pengkorokan adalah upaya membersihkan mulut dan tenggorokan ayam dari lender dan darah. Cara pembersihannya dilakukan dengan menggunakan bulu yang telah disiapkan.
  • Jika sudah dikorokkan, maka berikan minum pada ayam. Ayam setelah bertarung tentu akan kehabisan tenaga dan haus secara dahaga. Minum merupakan salah satu cara untuk membantu menenangkan serta menyegarkan ayam dalam waktu singkat. Jika ayam tidak mampu minum sendiri, suapi air tersebut perlahan-lahan ke bagian mulut ayam dengan spons atau kain. Caranya adalah dengan menempelkan spons dan kain pada bagian mulut dengan penuh kasih sayang.
  • Setelah minum, ayam dapat segera dimandikan. Seluruh bagian tubuh ayam harus basah terkena air dan pastikan seluruh tubuhnya kembali bersih tanpa darah yang menempel lagi. Mandi dilakukan sebagai upaya menyegarkan juga memberhentikan aliran darah pada luka di tubuh ayam.
  • Jika sudah mandi, keringkan seluruh tubuh ayam dengan handuk kering. Lakukan secara perlahan-lahan untuk tidak menyakiti luka pada tubuhnya.
  • Setelah sudah kering, temukan lokasi-lokasi luka pada tubuh ayam dan segera berikan obat luka. Obat-obat luka luar dapat langsung diberikan jika lukanya memang tidak terlalu dalam. Namun, jika lukanya memerlukan penjahitan maka dapat dilakukan penjahitan dengan benang jahit biasa saja. Untuk mengobati luka dari dalam tubuh dapat diberikan antibiotik. Antibiotik dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi. Selain obat penyembuh luka, dapat juga diberikan pada ayam obat penambah tenaga.

Perawatan tersebut semua harus dilakukan segera di arena bertarung dan dalam waktu secepat-cepatnya. Setelah sampai di rumah, tentu perawatan untuk ayam pun masih tetap harus dilakukan. Bagaimanakah panduan merawat ayam aduan usai bertarung yang dilakukan di rumah?

  • Fokus pertama dari perawatan di rumah adalah istirahat. Istirahat yang dimaksud adalah istirahat total tanpa aktivitas dalam kurun waktu sekitar dua minggu lamanya. Tiga hari pertama, antibiotik tidak boleh lupa untuk dikonsumsi oleh ayam.
  • Perawatan lain juga melibatkan ayam yang harus dimandikan dan dijemur setiap hari. Cara ini sangat dipercaya dapat membangkitkan semangat dan gariah ayam kembali.
  • Perawatan selanjutnya dapat diupayakan dengan menyatukan ayam usai bertarung dengan ayam betina. Biasanya ayam akan lebih mudah sehat dan tenaganya cepat pulih untuk menarik perhatian betina.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa panduan merawat ayam aduan usai bertarung. Perawatan anda yang sigap dan tepat merupakan penentu keberhasilan ayam untuk dapat kembali sehat. Oleh karena itu, lakukanlah perawatan sedini mungkin dan menyeluruh setelah ayam jagoan anda usai bertarung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme