Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Merawat Burung Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Cara Merawat Burung Kenari Mabung Agar Cepat Selesai Mabung atau dikenal dengan istilah molting adalah salah satu siklus pergantian bulu baru dengan cara merontokan bulu lama yang sering di alami oleh burung apapun, terutamanya burung kenari. Pergantian bulu lama menjadi bulu baru terjadi secara periodik/bahkan tidak terduga, oleh sebab bagi anda yang memiliki burung kenari dalam keadaan mabung, harus segera melakukan perawatan dengan baik dan benar bertujuan untuk memulihkan kondisi burung menjadi normal kembali.

Baca: Tanda-Tanda Burung Pleci Mabung dan Penanggannya

Burung kenari mabung akan mengalami beberapa tanda-tanda/ciri-ciri adalah sebagai berikut:

Tanda-Tanda Burung Kenari Mabung

  • Nafsu makan menurun, gerakan melambat
  • Kenari tidak mau berkicau
  • Mengalami perontokan bulu, dan ditumbuhi oleh bulu halus seperti jarum
  • Sebagian besar Bulu kenari akan mengembang, dan memiliki perut gembung

Cara Merawat Burung Kenari Mabung Baik dan Benar

  1. Jika burung mengalami mabung secara tiba-tiba, tempatkan burung ditempat yang sepi, jauhkan dari suara, dan aktivitas manusia/gangguan binatang.
  2. Sebaiknya kandang yang digunakan bersih dari kotoran pakan, kotoran burung dan air sudah dibersihkan serta air sudah diganti.
  3. Setelah itu kandang yang digunakan di kerodong, bertujuan agar fase pergantian bulu dapat stabil dan tidak terganggu dengan binatang sekitar
  4. Jangan lupa mengangin-angin burung pada pagi dan sore hari.
  5. Dalam fase pergantian bulu, sebaiknya jangan memandikan burung kenari sampai ke fase pertumbuhan bulu jarum.
  6. Dalam fase pergantian bulu, tidak diharuskan untuk menjemur burung kenari terlebih dahulu hingga fase pertumbuhan bulu jarum.
  7. Berikanlah makanan tambahan yang memilki kandungan protein cukup tinggi, seperti buah-buahan, sayuran misalnya sawi, gambas, timun dan lain-lain.
  8. Anda juga dapat memberikan pakan tambahan berupa kroto, ulat daun pisang, jangkrik dan kuning telur/telur puyuh agar pertumbuhan bulu dapat tumbuh dengan baik
  9. Setelah bulu halus/jarum sudah tumbuh dan terlihat latihlah burung tersebut atau master dengan burung dengan suara yang berkualitas dan lakukan perawatan yang baik dan juga benar sebelumnya.
  10. Dengan begitu, burung kenari usai mabung akan memiliki kualitas suara yang bagus dan memiliki kesehatan yang normal/stabil.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Usai. Semoga informasi yang kami sampaikan berguna dan bermanfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme