Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mudah Membuat Kandang Ternak Itik Modern

Cara Mudah Membuat Kandang Ternak Itik Modern – Kandang merupakan salah satu tempat untuk membudidayakan teknak dengan baik. Dengan manajeman pemeliharaan baik akan mudah mencapai tujuan dengan maksimal. Salah satu upaya manajemen yang baik adalah pembuatan kandang dengan sistem modern.

Dalam sistem ini para peternak akan lebih mudah memantau, mengawasi dan juga melakukan pemeliharaan dengan baik. Selain itu, akan memicuhnya keuntungan yang lebih maksimal dan produksi lebih tinggi di bandingkan dengan sistem biasa. Pembuatan kandang ada 3 macam dan tipe yaitu kandang battery, kandang postal dan juga kandang ranch. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini.

Pembuatan Kandang Itik Secara Modern

a. Kandang Battery

1

Kandang Battery merupakan kandang dengan manajeman modern yang sangat baik untuk pemeliharaan ternak itik. Dalam pembuatan kandang ini hanya membutuhkan ukuran 45 x 45 x 35 bahkan lebih tergantung dengan pemilik.

Pembuatan kandang dengan ukuran tersebut membutuhkan ternak hanya 1 jenis itik dewasa saja. Baik jantan maupun betina, hal ini bertujaun untuk tidak terjadinya penghambatan pertumbuhan, produksi dan juga gangguan yang disebabkan oleh ternak itik lainnya.

b.Kandang postal

1

Kandang postal merupakan kandang terbaik dan sangat populer yang di kembang oleh banyak peternak itik modern. Dalam pembuatan kandang ini membutuhkan ukuran tergantung dengan ruangan atau lahan yang akan di buat pada pemilik ternak 1 x 2 x 3 meterbahkan lebih.

Pembuatan kandang dengan ukuran ini membutuhkan tempat atau lahan yang sangat luas. Karena pembudidayaan ternak itik ini di jadikan menjadi satu ruangan atau satu kandang. Oleh karena itu, pembuatan kandang harus dengan tertata dengan rapi dan susunan tempat pakan dan minum tertata.

Secara umumnya untuk membudidayakan dengan kandang tersebut harus tergantung dengan usia atau umur pada ternak itik berupa bebek starter dalam satu kandang membutuhkan 10-15 ekor/m2. Bebek grower dalam satu kandang membutuhkan 6-10 ekor/ m2. Sedangkan bebek layer dalam satu kandang membutuhkan 3-6 ekor/ m2.

c. Kandang ranch

1

Kandang rancah merupakan kandang yang hampir sama dengan postal, tetapi kandang ini memiliki tempat yang lebih luas lagi dengan memberikan kolam air, tempat umbaran dan juga lainnya. Dalam pembuatan kandang ini tergantung dengan kondisi atau lahan pemilik peternak jika luas maka membuatnya dengan luas, namun jika tidak harus memanfaatkan lahan ternak dengan baik.

Secara umumnya dalam pembuatan kandang ini, harus membutuhkan pertimbangan yang sangat besar. Karena di mana para itik akan di satukan menjadi satu, sehingga akan menyulitkan para peternak untuk mengawasi dan juga pengontrolan kesehatan serta pemisahan ternak yang terserang penyakit.

Baca juga : Jenis – Jenis Itik Petelur Unggulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme