Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Pembenihan Ikan Mas Dengan Mudah

Cara Pembenihan Ikan Mas Dengan Mudah – Dalam kesempatan ini fredikurniawan akan mengulas kembali tentang bagaimana melakukan pembenihan dan juga pembesaran ikan dengan baik, silakan baca cara pembenihan ikan mas dengan mudah. Namun terdapat du pembudidayan ikan mas yaitu pembesara dan pembenihan. Namun kali ini akan mengulas bagaimana cara membudiyakan pembenihan ikan mas.

j

Pemilihan calon indukan

Pemilihan calon indukan jantan dan betina di lakukan dengan cara :

  • Umur indukan betina tidak kurang dari 1,5-2 tahun dengan berat minimal 2 kg per ekor. Untuk indukan jantang berumur tidak kurang dari 8 bulan dengan berat minimal 0,5 kg per ekor.
  • Memiliki bentuk badan mulus, tidak cacat, sirip tidak rusak. Ikan mas yang baik untuk indukan kepalnya lebih kecil dari badannya. Insangnya bersih, tidak ada bintik-bintik putih, lensa matanya bersih dan jernih. Memiliki sisik yang simetris dan memiliki warna yang cerah.
  • Calon indukan harus berasl dari keturunan yang berbeda. Baik jantan maupun betina, agar tidak terhjadinya inbreeding yang menurunkan kualitas pada ikan mas.

Pemeliharaan Indukan

Pemeliharaan indukan jantan dan betina sebaiknya di lakukan pemisahan. Masing-masing indukan menempati kolam yang berbeda. Dengan kedalaman air kolam anatar 60-80 cm. Sumber pengairan untuk kolam kedua sebainya harus pararel. Apabila tersusun seri kolam indukan jantan di letakan pada kolam indukan betina.

Hal tersebut akan mengakibatkan perkawinan tak sengaja. Namun apabila indukan jantan melepaskan sperma dan terbawa masuk ke kolam betina, hal ini tidak akan mungkin terjadi pemijahan.

Indukan ikan mas membutuhkan luas kolam 5 m2 per berat ikan mas, Yang berarti jika kita memiliki indukan seberat 5 kg maka kolam yang di butuhkan adalah seluas 25 m2. Namun jika kita memiliki 2 indukan maka membutuhkan kolam dengan luas 50 m2, dengan kapasitas dan sirkulasi air yang sangat baik dan bersuhu air normal berkisar 25-30 0c.

Indukan ikan mas harus di beri pakan yang sehat dan bergizi seperti mengunakan pakan pelet yang mengandung kandungan protein 30-35%. Sedangkan pakan tambahan lain yang diberikan adalah dedak jagung dan hasil limbah pertanian lainnya. Namun sebaiknya anda juga harus memberikan pakan yang banyak mengandung lemak yang tinggi.

Pemijahan Ikan Mas

Pemijahan ikan mas dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pemijahan buatan jarang dan pemijahan alami. Pemijahan alami merupakan proses perkawinan dan pembuahn sel telur oleh sperma yang di lakukan oleh ikan mas. Sedangkan pemijahan buatan di perlukan bantuan yaitu dengan melakukan penyuntikan dengan hipfisa ( penyuntikan hormon ) dan pembuahan In Vitro.

Pendederan benih Ikan Mas

Pendederan benih merupakan salah satu tahapan penumbuhan benih dalam melakukan pembudidayaan pembenihan ikan mas. Benih ikan  memiliki sifat dan karakter sesuai dengan perkembangan umurnya. Oleh karena itu , pembesaran benih ikan mas di lakukan dengan beberapa pendederan.

1. Pendederan I

Pendederan pertama ini di lakukan pada larva yang telah berumur 7 hari . Larva dipindahkan ke kolam pendederan dari kolam penetasan. Pendederan bisa anda lakukan di kolam pembesarn ikan mas. Kolam penderan ini harus di lakukan pengeringan, penjemuran, pengapuran, pemupukandan penggenanagan air.

Dengan begitu baru sebaiknya anda melakukan pendederan pertama adalah 100-200 ekor/m2. Dengan kedalam kolam 60 cm. Sirkulasi air yang baik da di beri saringan halus yang bertujuan agar tidak ada hama yang datang dan masuk ke dalam kolam.

2. Pendederan II

Pendederan ini bisa anda lakukan di kolam yang sama , tidak perlu melakukan pemindahan.Tetapi hanya saja mengurangi penebaran benih sekitar 50-75 ekor/m2. Selain itu pendederan ini juga sama di lakukan 4 minggu. Dan benih yang di hasilkan sekitar 3-5 cm.

3. Pendederan III

Pendederan yang ketiga kolam yang di gunakan hampir sama tetapi hanya berbeda penebaran pada benih yang semangkin berkurang sekitar  25-30 ekor/m2. Pendederan ini menghasilak  benih berukuran 5-8 cm.

4. Pendederan IV

Pendederan keempat ini berlangsung selama 4 minggu pada tahap ketiga. Dengan kepadatan pendederan ke tiga sekitar 3-5 ekor/m2 . Benih yang di hasilkan berukuran 8-12 cm , dengan memiliki bobot tubuh 80-100 gram per ekor. Ikan ini sudah sangat baik untuk di lakukan pembesar.

Pasca Panen Pembenihan Ikan Mas

Pemanenan pembenihan ikan mas membutuhkan waktu yang sangat lama. Mulai dari pemijahan dan hingga di lakukan pendederan ke empat sekitar 4-5 bulan. Kemudian lakukan pemasaran di berbagai tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme