Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Sukses Beternak Walet Bagi Pemula

Cara Sukses Beternak Walet Bagi Pemula | Budidaya Walet Untuk Pemula – Burung walet adalah salah satu jenis burung liar yang didomestikasikan dengan cara menempatkan sarang atau kandang disuatu tempat yang menyerupai habitat aslinya. Burung walet juga merupakan salah satu burung yang memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga banyak dicari dan di ternak oleh banyak orang.

Banyaknya orang yang mencari sehingga banyak para peternak ingin ternakkan burung tersebut, dikarenakan burung tersebut memiliki harga jual yang cukup tinggi. Salah satu yang membuat harga mahal dari burung tersebut adalah air liur yang dapat dimanfaatkan untuk apapun, terutamanya untuk obat yang mengatasi berbagai penyakit. Bila kamu masih pemula atau sudah mahir, ada beberapa cara sukses ternak walet dengan mudah yang harus diketahui adalah sebagai berikut.

Cara Ternak Walet Dengan Mudah

1. Persiapan Kandang (Bangunan rumah walet)

Pada umumnya, burung walet di budidayakan di gedung yang memiliki ukuran cukup tinggi dan luas, kandang tersebut bisa berukuran 10 x 15 cm, atau 10 x 20 cm. Pada kandang dan rumah walet juga diberi lubang dengan ukuran 20 x 20 cm atau 20 x 35 cm dengan jumlah lubang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gedung.

2. Pembibitan Burung walet

Pembibitan ini dilakukan dengan cara alami yaitu dengan memanggilnya  menggunaka tape recorder dengan suara walet yang dapat dilakukan pada sore hari yaitu jam 4-6. Sebelumnya di letekan terlebih dahulu telur agar menetas, yang bisa didapatkan dari peternak lain.

3. Perawatan Burung walet

Burung walet yang baru menetas, harus dilakukan perawatan dan sebaiknya berikan alat pemanas sehingga tidah mudah terserang penyakit dan mati. Berilah pakan burung berupa pelet atau kroto dan lakukan perawatan hingga baik. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali dalam sehari atau 3 kali dalam sehari.

Setelah anakan berumur 10 hari lebih, pindahkan anakan tersebut didalam kotak atau kandang dan berikan alat pemanas serta lakukan pemeliharaan dengan baik hingga berumur 1-2 bulan.

4. Pemeliharaan Kandang

Pemeliharaan kandang memang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan menghindari terkena penyakit berbahaya yang akan menyerang burung walet. Pemeliharaan kandang berupa membersihkan kandang dengan teratur, membuang kotoran yang masih menempel dan mengantikan kotak atau sangar yang tidak layak pakai.

5. Pemanenan sarang walet

Pemanenan sarang walet dapat dilakukan 2x, 3x atau 4x dalam setahun. Pemanenan burung walet dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:

  • Panen dengan cara melakukan perampasan, dapat dilakukan dengan menjaga burung cepat bertelur dan membuat sarang sehingga ketika usai membuat sarang lakukan perampasan dengan cara memanennya secara perlahan-lahan.
  • Panen dengan cara memisahkan telurnya dari sarangnya, panen ini bisa juga dilakukan namun perlu diketahui bahwa burung tersebut tidak menetaskan telurnya secara maksimal.
  • Panen dengan cara menetaskan telur terlebih dahulu, pemanenan dapat dilakukan dengan menetaskan telur terlebih dahulu baru mengambil sarang air liur tersebut.

Baca Juga:

 

Demikianlah informasi tentang Cara Sukses Beternak Burung Walet. Semoga informasi yang kami sampaikan berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme