Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia –  Laju reaksi atau kecepatan reaksi adalah suatu yang menyatakan cepat atau lambat suatu reaksi yang terjadi. Besar laju reaksi akan menunjukan perubahan setiap satuan waktu dalam bentuk senyawa baru atau produk reaksi.

Baca: Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

Setiap laju reaksi tersebut akan di pengeruhi oleh beberapa faktor yang dapat mempercepat atau lambat laju reaksi. Oleh sebab itu harus mengkondisikan faktor tersebut sesuai pengaruhnya apakah  reaksi yang ditimbulkan harus ditambahkan  atau dikurangi.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Laju reaksi kimia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu konsentrasi, luas permukaan sentuh, tekanan, suhu, pengaruh katalis dan molaritas, berikut ulasannya:

1. Konsentrasi

Konsentrasi laju reaksi didefenisikan dalam bentuk konsentrasi reaktan maka dengan naiknya konsentrasi maka naik pula kecepatan reaksinya. Hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi konsentrasi, maka semakin banyak pula molekul reaktan yang tersedia, dengan demikian kemungkinan bertumbukan akan semakin banyak sehingga kecepatan reaksinya meningkat.

2. Luas Permukaan Sentuh

Luas permukaan sentuh sangat mempengaruhi laju reaksi, apabila semakin kecil permukaan bidang sentuh maka semakin kecil tumpukan yang terjadi antar partikel sehingga laju reaksi semakin kecil, sedangkan luas bidang semakin besar maka semakin besar tumpukan yang terjadi antar partikel sehingga laju reaksi semakin cepat. Selain itu dapat diartikan dalam bentuk kepingan yaitu semakin halus kepingan, maka semakin cepat bereaksi, sedangkan semakin kasar maka semakin lama bereaksi.

3. Tekanan

Tekanan juga sangat mempengaruhi laju reaksi, tekanan melibatkan pereaksi berupa gas yang akan meningkatkan laju reaksi. Peningkatan  tekanan biasanya untuk meningkatkan persentase gas yang bereaksi dalam kesetimbangan campuran  dengan demikian peningkatan gas sama dengan peningkatan konsetrasinya dan dapat mempengaruhi laju reaksi.

4. Suhu

Suhu juga memiliki peran dalam mempengaruhi laju reaksi. Apabila suhu suatu reaksi dinaikan, maka menyebabkan partikel semakin aktif bergerak sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering menyebabkan laju reaksi semakin besar. Sebaliknya apabila suhu diturunkan, maka partikel semakin tidak aktif sehingga laju reaksi semakin kecil.

5. Katalis

Katalis adalah suatau zat yang dapat mempercepat laju reaksi pada suhu tertentu. Katalis berperan dalam reaksi tetapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk. Katalis dibedakan menjadi dua golongan, yaitu katalis homogen dan katalis heterogen. Katalis homogen umumnya bereaksi dengan satu atau lebih pereaksi untuk membentuk suatu perantara kimia yang selanjutnay bereaksi membentuk produk akhir reaksi, dalam suatu proses yang memulihkan katalisnya. Katalis heterogen adalah katalis yang ada dalam fase berbeda dengan pereaksi dalam reaksi yang dikatalismnya. Contohnya katalis yang menyediakan suatu permukaan di mana pereaksi-pereaksinya untuk sementara terjerat.

6. Molaritas

Molaritas adalah suatu zat pelarut, yang dapat mempengaruhi laju reaksi. Semakin besar molaritas suatu zat, maka semakin cepat reaksi berlangsung. Dengan demikian pada molaritas yang rendah suatu reaksi akan berjalan lebih lambat daripada molaritas yang tinggi.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kimia. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme