Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Info Sekilas Tentang Pohon Jati

Info Sekilas Tentang Pohon Jati – Pohon Jati merupakan Sejenis pohon yang menghasilkan kayu bermutu sangat lah tinggi . Pohon besar , berbatang lurus dapat tumbuh mencapai ketinggian 30-40 m . Berdaun besar yan luru di musim kemarau . Jati di kenal dengan nama Teak Kata ini berasal dari kata thekku dalam bahasa malayalam yang berasal dari bahasa india selatan .

pohon jati

Jati ( Tectona Garandis ) dapat tumbuh di daerah curah hujan 1500 – 2000 mm / tahun dan suhu 27 – 36 baik dataran rendah maupun dataran tinggi . Tempat yang paling baik untuk tumbuh pohon jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak di banjiri dengan air Jati memilki daun berbentuk elips yang lebar dan mencapai 30 – 60 cm saat dewasa .

Jati memiliki pertumbuhan yang sangat lah lambat dengan germinasi rendah ( biasanya kurang dari 50 % ) yang mebuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaa atas kayu jati pada umumnya . Sehingga jati di produksikan secara konvensional dengan mengunakan biji . Akan tetapi produksi bibit dengan sangat lah jumlah besar menjadi terbatasnya karemna danya lapisan luar bii yang sangat lah keras .

Beberapa alternatif dalam hal ini yaitu dengan cara merendam biji dalam larutan air , Memanaskan biji dengan api kecil atau pasir panas , Serta menambahkan asam ,basa arau bakteri akan tetapi hal ini tidak lah berjalan maksimal dan optimal untuk mengahsilkan biji dalam waktu yang cepat dalam jumlah yang sangat lah banyak .

Pada umunya , Pohon jati sangat lah rentan denga penyakit pada proses pembibitan penyakit tersebut adalah :

  • Leaf Spot Disease yang di sebabkan oleh Phomopsis Sp , Colletotrichum Gloeosporioides , Aternaria Sp , Dan Curvularia .
  • Leaf Rust yang di sebabkan oleh Olivea Tectonad
  • Powdery Mildew yang di Sebabkan oleh Uncinula Tectonae .

Secara umumnya yang paling banyak menyerang pohon jati adalah Phomopsis Sp yaitu yang dapat menginfeksikan terparah 95 % bibit pada tahun 1993-1994 . Infeksi ini terjadi pada bibit yang berumur antara 2 – 8 bulan .

Karakteristiknya yaitu adanya Necrosis berwarna coklat muda pada pinggiran daun yang kemudian secara bertahap dari batang tersebut mengalami kekeringan yang di akibatkan kekurangan air karena sudah terinfeksinya . Infeksi ini akan menular pada bagian daun atas , Peyiol dan ujung batang yang mengakibatkan ujung batang mengalamai atau mengakibatkankan menjadi gugur atau kering juga .

Maka dari itu penanaman dalam pembibitan harus tetap terjaga dan terlindungan serta merawat dengan cara yang sangat lah intensif . gar mendapatkan sebuah biti yang sangat lah berkualitas , Segar , Tidak terkena hama penyakit Dan siap di tana di lahan yang sangat lah cocok pada pohon jati tersebut .

Demikianlah sekilas Info Sekilas Tentang Pohon Jati semoga bermanfaat dan berguna bagai selaku pembaca serta dapat menambah ilmu pengaetahua anda di bidang pertanian .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme