Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Itik Petelur Unggulan

Jenis – Jenis Itik Petelur Unggulan – Ternak unggulan merupakan keinginan setiap para peternak untuk membudidayakan ternaknya dengan bibit yang berkualitas dan mampu memproduksi lebih tinggi. Jenis ternak unggulan dan berkualitas sangat berbeda dengan jenis biasanya pada umumnya. Namun, sangat jarang untuk menemukan bibit berkualitas terutamanya adalah bibit itik petelur.

1

Untuk menghasilkan telur yang banyak dan produksi yang tinggi, maka sebelum melakukan pembudidayaan para petani peternakan harus memilih bibit tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ada beberapa golongan indukan petelur maupun anakan petelur yang sangat baik untuk menghasilkan produktivitas dengan maksimal sebagai berikut.

Jenis – jenis itik petelur unggulan

a. indian runner ( Anas javanica )

indian runner merupakan salah satu itik petelur yang sangat di budidayakan di indonesia terutamanya di pulau jawa, penghasil petelur tertinggi. Namun, dari jenis ini ada beberapa varietes yaitu sebagai berikut.

1. Itik petelur karawang

Merupakan itik yang berasal dari bekasi dan juga banyak di temukan di karawang. Sehingga memiliki nama itik karawang. Dan menghasilkan telur terbanyak di daerah karawang dan bekasi sekitarnya.

2. Itik petelur mojosari

Merupakan itik petelur yang banyak menghasilkan telur di sekitar mojosari menghasilkan telur hingga 200 butir per ekor/ tahunnya bahkan bisa saja lebih tergantung dengan manajemen pemeliharaan ternak itik.

3. Itik petelur tegal

Merupakan itik petelur unggulan karena menghasilkan telur yang tidak kalah dengan itik yag sudah di jelaskan yaitu 150-200 butir/ekor pertahunnya. Tetapi berbedaan itik ini adalah bentuk, bulu dan warna bulunya sangat berbeda.

4. Itik petelur  magelang

Merupakan itik unggulan yang sangat berkualitas menghasilkan telur 200-230 butir/ ekor pertahunanya. Tetapi harus memeliharaan ternak ini secara intensif untuk menghasilkan produksi yang maksimal

b .Itik bali atau itik pingguin

Merupakan itik unggulan yang memiliki bentuk tubuh hampir menyerupain penguin. Berwarna putih, coklat dan lainnya. Selain itu, itik ini memiliki jambul diatas kepalanya dan juga ukuran badan pada itik ini sangat kecil di bandingkan dengan yang lainnya. Tetapi produksi yang di hasilkan oleh itik ini sangat relatif banyak yaitu berkisar 150-220 butir/Ekor per tahunnya.

c. Itik alabio ( Anas platurynchos borneo )

Merupakan salah satu itik petelur unggulan yang berasal dari kalimantan selatan, kecamatan alabio. Itik ini merupakan hasil dari persilangan atau perkawinan dari iti peking, yang memiliki bentuk segitiga , dengan warna kecoklatan abu-abuan, memiliki kaki yang berwarna kuning dan menghasilkan telur yang 150-200 butir/ekor pertahunanya.

d. Itik kaki camphell

Merupakan itik petelur unggulan yang berasal dari pulau jawa, itik ini merupakan hasil dari persilangan itik roven dan prancis. Namun, selain itu penemu dari itik adalah Mr, champell. Sehingga nama itik ini di sebut itik champell. Itik ini memiliki bentuk pendek, badan besar, warna kecoklatan atau abu-abuan dan menghasilakan telur 150 – 200 butir/ekor per tahunnya.

e. Itik Cv 200 indonesia

Merupakan itik unggulan yang berasal dari inggris yang langsung di adaptasikan ke berbagai negar lainnya terutamanya indonesia pada tahun 1993. Pada tahun ini itik ini di budidayakan pertama kalinya di bogor dan sekitarnya hingga sampai saat ini. Namun, nama iti ini disebut itik CV 200-INA.

Baca juga : Cara Mudah Membedakan Itik Jantan & Betina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme