Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Penyakit Pada Sapi

Jenis – Jenis Penyakit Pada Sapi  – Penyakit merupakan sebuah kendala yang sangat lah penting harus di tangani oleh peternak yang mengakibatkan suatu penurunan produksi bahkan bisa mengakibatkan angka kematian yang sangat lah meningkat. Maka dari itu penyakit yang menyebabkan penurunan ini sebaiknya lekas di tanggani dengan baik

penyakit-mulut-

penyakit-mulut-

Penyakit pada ternak sapi potong , sapi perah dan juga sapi pekerja secara umumnya di akibatkan oleh : Hewan Parasit , bakteri  Dan Juga Virus

Hewan parasit merupakan hewan yang menumpang hidup pada ternak baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh misalnya parasit internal yaitu cacing yang menyerang bagian dalam tubuh dan parasit eksternal yaitu kutu yang menyerang bagian kulit atau permukaan pada sapi .

Bakteri yang terdapat pada sapi tidak lah semuanya tergolong menyebabkan suatu penyakit . Ada beberapa baktei yang sangat lah membantu untuk membantu pencernaan pada sapi . Dalam penanganan ini mengunakan antibodi yang sesuai dengan ukuran pada sapi.

Sedangan kan virus merupakan sebuah penyakit yang sangat lah berbahaya bagi sapi , Karena sampai saat ini tidak dapat bisa di tangani dengan sangat lah baik , Hanya saja bisa terhenti sementara saja tanpa bertahan yang sangat lah lama .

Ada beberapa Jenis dan macam penyakit yang menyerang pada sapi yaitu

Antrak

Penyakit antrak merupakan sebuah penyakit yang sangat lah berbahya bagi sapi dan manusia , Penyakit ini dapat juga menular pada manusia . Temapat atau wilaya yang sudah terkena penyakit antarka ini harus di lakukan sebuah isolasi dari  keluar masuknya ternak sapi sejauh 5 – 6 km . Bila sapi sudah terkena sebaiknya di lakukan sebuah pemindahan pada sapi agar tidak terjadinya penularan lebih lanjut .

Pada sapi yag terkena penyakit antrak ini sebaiknya di lakukan penguburan dengan menambahkan kapur , Jangan pernah mengonsumsi daging yang sudah terken antrak karena anda akan terkena penyakit ini juga .

Gejala penyakit antrak yaitu :

  • Nafsu makan menurun
  • Suhu badan tinggi
  • Setelah 3 hari suhu normal
  • Mengeluarkan darah dari mulut
  • Hidung dan telinga akan mengeluarkan darah
  • Dan sekujur tubuh mulai akan membusuk berwarna hitam dan mengakibatkan suatu kematian

Surrah

Penyakit surrah merupakan sebuah penyakit yang sangat lah berbahaya juga  , Karena sampai saat ini penyakit ini masih di waspadai oleh peternak penyakit ini di sebabkan olah bakteri yang sangat lah cepat perkembangannya sehingga mengakibatkan angka kematian yang sangat lah tinggi

Gejala penyakit Surrah yaitu :

  • Nafsu makan berkurang
  • Demam yang tidak lah teratur suhunya
  • Ternak berputar – putar karena sayarf mulai rusak

Pada penyakit ini lebih menargetkan atau menyerang pada syraf pusat sehingga merusak jaringan – jaringan yang ada di dalamnya . Sehingga mengakibatkan sebuah  kematian pada ternak dalam penangan surrah ini hanya bisa menghambat nya saja tidak dapat mengobatinya .

Jika sapi sudah mengalami geja teresbut dan mengalami kematian sebaiknya di lakukan sevbuah penguburan jauh dari pemukiman dalam penguburan ini sebaiknya di lakukan sedalam mungkin atau anda juga bisa membakar sapi tersebut sampai hangus .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme