Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Rumput ( Graminae )

Jenis – Jenis Rumput ( Graminae ) – Rumput merupakan tumbuhan yang memiliki perakaran merambat dan juga merumpun. Rumput ini biasanya di gunakan untuk pakan ternak ruminansia dan juga non ruminansia. Kandungan yang sangat tinggi didalam rumput sangat berguna untuk memberikan asupan yang tinggi bagi ternak tersebut.

Namun, ada beberapa jenis rumput yang harus di berikan pada ternak. Jenis jenis tersebut sangat berbeda dan juga bervariasi begitu juga dengan kandungannya sangat berbeda. Berikut jenis – jenis atau macam – macam rumput ( gramenae ).

1.Rumput bermuda ( crynodon dactylon )

1Rumput ini dapat tumbuh dengan baik di daerh tropis dengan perbanyakan potongan stolon, biji, potongan tunas dan juga langsung dengan akar. Tanaman ini memiliki daun halus, membentuk kumpalan hijau yang sangat lebat. Tanaman ini juga memiliki warna hijau muda dan tua, dengan bagian bunga yang menjari dengan tangkai batang bunga memanjang mencapai 10-70 cm. Selain itu, rumput ini juga dapat tumbuh dengan baik di tanah berpasir, tanah basa, dan memiliki drainasi baik.

2. Seteria ( seteria sphacelate )

1

Rumput seteria ini berasal dari Africa yang menyebar luas hingga berbagai wilayah terutamanya di Indonesia. Rumput ini berfungsi untuk menutup tanah dan juga sebagai pakan ternak ruminansia dan non ruminansia. Rumput seteria ini memiliki bentuk rumpun, tumbuh dengan tegak mecapai ketinggian 2 meter, memiliki daun lebar berbulu dan bunga tersusun dalam tandan bewarna kecoklatan dan keemasan. Rumput ini biasanya dapat diperbanyak dengan biji, dan juga sobekan rumpun.

3. Rumput bede  ( Brachiaria decumbens )

1Rumput bede ini berasal dari Africa tropic, yang memiliki fungi sebagai penutup tanah dan juga untuk pakan ternak.  Rumput bede ini hidup menjalar dengan stolon, daun berbulu halus dan kasar, memiliki warna hijau pekat, dan  bunga tersusun dari malai bendera. Rumput bede ini biasanya dapat di perbanyak dengan biji dan juga sobekat rumput.

4. Rumput jarum ( Chrisopogon ariculatus )

1Rumput ini berasal  dari Amerika selatan, berguna untuk menutupi tanah dan juga sebagai pakan ternak dipadang pengembalaan. Rumput jarum ini mencapai ketinggian 0.2 – 0.8 meter, memiliki batang bulat memanjang, serta memiliki daun bulat gundul berbentuk telur memiliki warna hijau muda dan bahkan berwarna lenset. Rumput jarum ini dapat tumbuh dengan baik daerah panas atau tropis.

5. Rumput raja ( pennisetum purpupoides )

1Rumput raja pertama kali ditemukan di Afrika selatan, yang digunakan untuk akan ternak dan juga sebagai penutup tanah. Rumput ini memiliki bentuk rumput, tumbuh dengan baik didataran rendah dan tinggi, memiliki batang tebal, keras, dan daun panjang berbulu halus. Rumput ini biasanya dapat di perbanyak dengan akar, rumpun dan juga lainnya.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme