Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Jenis Rumput Yang Disukai Ternak Kambing

Jenis rumput  yang disukai ternak kambing – Secara umum, ketika mendengar kata rumput, yang langsung terpikirkan oleh kita adalah gulma atau tanaman liar yang cukup sering mengganggu jenis tanaman pokok yang sedang kita pelihara atau budidayakan. Akan tetapi, bagi kalangan penggiat dunia peternakan, rumput adalah salah satu hijauan makanan ternak yang amat penting terutama bagi ternak gruminansia semisal sapi, kambing, kerbau, dan domba

Baik Sapi, domba, kerbau, ataupun kambing, sejatinya mereka secara principal sama sama membutuhkan pemberian pakan yang berkualitas dan juga bermutu baik. Dan yang paling penting, mesti sesuai dan dapat memacu pertumbuhan dari ternak tersebut agar nantinya peternak dapat memperoleh hasil dan keunungan yang maksimal.

Rumput (Graminae) merupakan tumbuhan monokotil dengan siklus hidup berupa annual dan juga perennial. Rumput mempunyai ciri perakaran serabut, bentuk fisik dan dasar yang sederhana, perakaraan berpola silindris, menyatu dengan batang, lembar daunya terbentuk pada pelepah yang tumbuh pada buku-buku (nodus) dan melingkari batang dan juga tumbuh dengan membentuk rumpun. Akar utama tumbuhan rumput terbentuk setelah perkecambahan dan selama pertumbuhan tanaman muda atau seedling. Akar sekunder berbentuk padat berada di bawah permukaan tanah dekat dengan sekitaran batang dasar.

Baca : Cara Mengobati Penyakit Mencret Pada Kambing

Dalam dunia peternakan, jenis rumput yang dipakai sebagai pakan ternak mempunyai ciri – ciri sebagai berikut ini:

  • Memiliki palatabilitas yang baik ;
  • Dipanen pada umur yang relatif tidak terlalu tua (ketika masih belum berbunga) untuk mendapat kandungan nilai gizi yang tinggi ;
  • Berwarna agak hijau, daun berkontur halus, bertumbuh agak merunduk, melengkung dan mudah untuk merebah;
  • Batang tanaman lebih gemuk, kadang terlihat mengkilap dan bila ditekan akan mengeluarkan cairan;
  • Ditanam pada wilayah tanah yang subur.

Golongan Rumput Pakan Ternak

Rumput sebagai hijauan makanan ternak bisa dibedakan menjadi 2 golongan, yakni:

Rumput Potong ; merupakan golongan rerumputan yang tumbuh tinggi secara vertikal, memiliki banyak anakan, responsive terhadap pemupukan yang diberikan serta produksi per satuan luas relative agak tinggi. Contohnya : Rumput jenis Pennisetum purpureum, Rumput jenis Panicum maximum, Rumput jenis Euchlaena mexicana, Setaria sphacelata, Panicum coloratum dan Sudan grass.

Rumput Gembala ; adalah golongan rumput yang tumbuh secara mendatar dan juga menjalar (stolon), system perakaran terbilang cukup kuat dan dalam, tahan akan kekeringan serta tahan akan renggut dan ijuga njakan. Contohnya : Rumput Brachiaria brizantha, Brachiaria ruziziensis, Rumput jenis Brachiaria mutica, Paspalum dilatatum, Digitaria decumbens dan Rumput jenis Chloris gayana.

Baca Juga:

Untuk dapat menjadikan kambing yang kita ternakan bertumbuh secara optimal, sebagai peternak tentunya harus paham betul tentang jenis rumput pakan ternak kambing setidak tidaknya seperti artikel singkat tentang jenis rumput  yang disukai ternak kambing yang telah kami publish ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme