Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Jenis Salak Unggulan Terbaik Indonesia

Jenis-Jenis Salak Unggulan Terbaik Indonesia – Buah salak merupakan salah satu buah yang sangat populer dari negara tropis. Di luar negeri seperti Amerika Latin, buah salak juga bisa dibudidayakan namun kebanyakan berasal dari indonesia. Buah yang berkulit mirip seperti sisik ular ini merupakan jenis buah yang berasal dari pohon dari keluarga arecaceae dengan jenis palem berduri. Meski banyak orang yang menganggap bahwa perkebunan salak kerap menjadi ‘sarang’ makhluk halus dan terlihat menyeramkan, namun saat buah salak sudah berbuah dan bisa menghasilkan pundi-pundi uang, semua hal yang menyeramkan seketika musnah berganti kebahagiaan.

jenis jenis salak unggulan indonesia

Di luar negeri, buah salak yang memang berkulit seperti sisik ular ini kerap disebut dengan snake fruit. Rasanya saat sudah matang begitu manis dan empuh, sementara jika masih muda akan terasa sepat. Selain dimakan langsung, buah salak oleh para petani salak juga kerap dijadikan manisan ataupun keripik.

Jenis-Jenis Salak Unggulan Terbaik Indonesia

Buah salak unggulan adalah jenis varietas salak yang menggabungkan beberapa kelebihan untuk mendapatkan satu jenis buah salak dengan sifat-sifat yang unggul. Di antaranya seperti rasa yang manis, ukuran yang besar, hingga daging buah yang bertekstur lembut. Apa saja Jenis-Jenis Salak Unggulan Terbaik Indonesia? Berikut ini jawabannya…

Salak madu

Salak yang berasal dari daerah yogyakarta, tepatnya kota sleman ini kerap menjadi buah tangan atau oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke yogyakarta. Pohon induk tunggal dimiliki oleh bpk. Hardi wiyono, yang kediamannya di dusun sempu, desa wonokerto, kec. Turi, kab. Sleman yogyakarta.

Salak madu memiliki keunggulan di antaranya memiliki daging buah yang lembut, tebal dan empuk. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, maniss… seperti madu. Tekstur daging renyah namun lembut di mulut. Bisa berbuah sepanjang tahun. Untuk budidaya bisa dibilang sangat menjanjikan karena tidak mengenal musim dan produktivitasnya sangat tinggi, bisa 5-6 kilogram setiap pohon dalam satu tahun.

Salak pondoh

Salak pondoh cukup populer di indonesia, terkenal asli dadri yogyakarta, meskipun di berbagai daerah di indonesia sudah banyak yang membudidayakan. Dimulai pada tahun 1980 an, buah salak pondok ditumbuhkan di sekitar lereng gunung merapi. Salak pondoh sendiri juga masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti salak pondoh hitam, pondoh nglumut, pondoh supur, pondoh gading dan lain-lain.

Dilihat dari daging buah salak pondoh, biasanya rasanya manis dan renyah, tidak lembek serta meskipun buah salak pondoh masih kecil atau muda, rasanya tetap manis, sehingga tidak membuat kecewa para konsumen. Dari segi panen, hasilnya cukup menggembirakan karena bisa berproduksi sepanjang tahun dengan hasil 6-8 kilogram per pohon dalam satu tahun.

Salak gula pasir

Seperti namanya, salak gula pasir memiliki rasa yang manis dan renyah seperti gula. Salak ini berasal dari bali. Namun, menurut beberapa orang, buah salak gula pasir kulitnya agak susah dibuka sehingga terkadang menyulitkan si penikmat buah salak ketika akan mengonsumsi.

Baca Juga:

Itu dia info tentang Jenis-Jenis Salak Unggulan Terbaik Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme