Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Jenis Makanan Alami Untuk Pertumbuhan Belut

Jenis Makanan Alami  Untuk Pertumbuhan Belut – Pakan alami adalah kebutuhan utama untuk perkembangan ternakan belut. Pakan alami yang bisa anda berikan diantaranya cacing, belatung, bekicot, dan kecebong. Semuanya itu bisa dibudidayakan sehingga dapat menekan biaya sehingga bisa diperoleh dalam jumlah besar.

Cacing tanah dapat dikembangbiakkan di dalam kotak kayu ataupun terpal yang berukuran 0.5 meter persegi. Masukan media berupa kotoran sapi, atau sisa sayuran yang telah membusuk, tanah, dan beberapa serbuk gergaji. Masukkan bibit cacing, sekira 1 ons. Dan dalam waktu 1-2 minggu, cacing sudah dapat berkembang biak dalam jumlah banyak.

Baca: Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif

Belatung dapat dikembangbiakkan dengan memakai media campuran dedak halus, tepung ikan asin, hasil cincangan eceng gondok, dan juga urea. Semua media dimasukan ke dalam wadah toples atau kaleng, diamkanlah selama tiga hari. Kemudian tutup wadah dengan menggunakan kain basah. Satu hari kemudian, belatung akan mulai bermunculan.

Keong mas dapat dibudidayakan di dalam kolam. Letakan tanaman air di atasnya. Masukan keong mas dewasa. Dalam masa beberapa waktu, keong mas sudah mulai berkembang biak.

Adapun hewan kecil kecebong, dapat dibudidayakan dengan memasukan beberapa pasang katak jantan dan juga betina ke dalam kolam budi daya belut ternakan. Mereka akan berkawin dan juga bertelur. Telur yang menetas tersebut akan menjadi kecebong.

Budi daya pakan alami tadi sebaiknya sudah anda mulai 1—2 bulan sebelum anda melakukan budidaya belut, kecuali kecebong. Tujuannya, agar usaha peternakan anda terhindar dari resiko kekurangan pakan. Banyaknya porsi pakan yang dibudidayakan harus disetarakan pula dengan besarnya skala budi daya belut di wadah agar stok pakan alami anda dapat terus terjaga.

Pengaplikasian Pakan Belut

Belut adalah hewan jenis karnivora yang membutuhkan pakan dan mengandung protein sekitar 65 hingga 70%. Namun, pakan yang dimaksud ini bukanlah apa yang diberikan sebagai pakan rutinitas dengan memberi pelet setiap hari, tapi harus pula diselingi dengan pemberian beberapa pakan hidup, misalnya satu atau dua jenis ikan ataupun bekicot. Hal ini berguna untuk menghindari pengaruh terhadap produktivitas belut yang tidak terlalu maksimal akibat pemberian jenis pakan yang sama secara terus-menerus.

Didalam media budi daya, bisa pula anda letakkan beberapa jenis pakan hidup seperti kecebong, cacing, larva ikan, dan juga belatung. Selain itu, ternakan belut untuk kegiatan pembesaran juga bisa diberi pakan mati yang berupa cincangan daging bangkai ayam ataupun cincangan bekicot. Namun, pakan bangkai pakan tersebut sebaiknya sudah direbus sebelum diberikan agar belut belut anda terhindar dari penularan penyakit ataupun mikroorganisme yang beresiko membahayakan hewan tersebut.

Baca Juga:

Kiranya, itulah artikel singkat kami tentang makanan alami yang digunakan untuk pertumbuhan belut. Semoga bisa mmembawa manfaat untuk anda.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme