Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kandungan gizi dan Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan

Kandungan gizi dan Manfaat Daun Lamtoro Bagi Kesehatan – Lamtoro atau petai cina merupakan tanaman hijaun yang sudah banyak dikenal banyak masyarakat Indonesia dengan luas, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, Meksiko. Tanaman lamtoro ini memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan, terutamanya dapat digunakan sebagai bahan bakar, bahan bangunan, pupuk hijau, bahan baku membuat kerta, dan sebagi pakan hijaun ternak berprotein tinggi.

2

Dengan meningkatkanya pengetahuan masyarakat, tanamanan ini juga dapat menyembuhkan dan mengatasi berbagai macam penyakit serta juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif dan herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan maksimal.

Kandungan gizi daun dan biji lamtoro

Kandungan daun lamtoro dalam setiap 100 gramnya adalah memiliki kandungan energi mencapai 85 kkl, kandungan karbohidrat 15.4 gram, kandungan protein 12 gram, kandungan lemak 6,5 gram, kandungan zat besi 3.0 gram, kandungan fosfor 100 miligram, kandungan kalsium 1.5 miligram, kandungan vitamin A 17800 UI, vitamin B1 miligram, dan vitamin C 64 miligram.

 Sedangkan, kandungan gisi dari biji lamtoro dalam setiap 100 gram adalah memiliki kandungan mencapai 85 kkl, karbohidrat 15,4 gram, kandungan protein 5,7 gram, kandungan lemak 0,3 gram, kandungan zat besi, 3.0 gram, kandungan fosfor 53 miligram, kandungan kalsium, 180 miligram, kandungan vitamin A 423 UI, kandungan vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 15 miligram.

Manfaat kandungan lamtoro bagi kesehatan

  • Mengatasi diabetes, dalam mengatasi diabetes ini harus memanfaatkan dan menggunakan biji yang sudah dihaluskan dengan cara digiling, kemudian diminum sebelum makan.
  • Mengatasi cacingan, kandungan biji lamtoro sangat di percaya untuk mengatasi penyakit cacingan. Dilakukan dengan cara : menumbuk dan menghaluskan biji lamtoro yang sudah dikeringkan, kemudian masukan kedalam air panas maupun hangat mencapai 100 cc, lalu minum dengan teratur.
  • Mengatasi insomnia, penanganan insomnia ini biasa menggunakan biji dan daun lamtoro dengan cara merebus dengan 3 gelas air dan diamkan beberape menit hingga air menjadi kurang dari 1 gelas, lalu lakukan penyaringan dan minum dengan teratur.
  • Mengatasi resiko radang ginjal, kandungan biji yang sangat nmemiliki peranan yang penting untuk mengatasi dan mengobati radang ginjal. Dilakukan dengan merebus biji dengan 4 gelas air bersih, diamkan hingga berkurang menjadi 1 gelas. Lakukan penyarigan, dan konsumsi dengan teratur.
  • Mengatasi nyeri saat datang bulan, dilakukan dengan memanfaatkan akar tanaman lamtoro dengan merebus 3 gelas air bersih dan diamkan hingga berkurang menjadi 1 gelas, lalu minum pada malam hari sebelum tidur.
  • Menghaluskan kulit, dengan cara mengosokan daun lamtoro dengan perlahan – lahan dan lakukan pemijatan kecil, hingga daun lamtoro mengeluarkan getah. Lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : 

Itulah  manfaat dan kandungan gizi lamtoro bagi kesehatan, semoga tanaman lamtoro atau petai cina ini dapat membantu mengatasi dan mengobati penyakit yang anda derita. Semoga bermanfaat bagi anda !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme