Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing – Susu kambing merupakan susu yang dihasilkan oleh ternak kambing betina setelah usai melahirkan, sama halnya seperti manusia dalam jangka waktu 1 – 4 hari ternak kambing betina akan menghasilkan kolesterum yang kaya zat gizi dan nutrisi.

susu kambing

Susu kambing ( Image : Source )

Memang di Indonesia mengkonsumsi susu kambing belum sangat populer, namun memiliki kandungan yang sangat tinggi sehingga dapat menyehatkan kondisi tubuh dengan baik. Kebanyakan percaya mengkonsumsi susu kambing dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berbahaya, sehingga jarang di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini kami akan mengulas nutrisi dan manfaat susu kambing yang harus di ketahui dengan seksama.

Baca :  Jenis Penyakit Utama Yang Sering di Derita Pada Kambing dan Domba

Kandungan nutrisi susu kambing


Susu kambing mengandung protein yang cukup tinggi, terutamnya kandungan kasein yang dapat membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh dengan baik. Susu kambing juga mengandung lemak sekitar 3,6 5 lebih rendah di bandingkan dengan susu sapi.

Kandungan lemak padatan didalam susu kambing memiliki kadar lebih tinggi mencapai 9.0 %, kandungan laktosa mencapai 4,7 %, adapun kandungan nitogen yang mencapai 3,2 %, kesein 2,6 %, fosfor 0,23 %, kalsium, 0,18 %, klorida, 0,10 %, zat besi 0,08 %, vitamin D 0,7 %, vitamin C, 2,0 %, riboflavin 159,0 %, vitamin A 21,0 % dan vitamin B 45,0 %.

Manfaat susu kambing


Setelah mengetahui beberapa kandungan yang ada di dalam susu kambing, ada beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh anda.

  • Susu kambing mengandung vitamin C yang sangat berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, berbeda dengan susu lainnya kekebalan tubuh akan lebih ditekan akibat mengkonsumsi susu yang bukan dari susu kambing.
  • Susu kambing juga memiliki peranan penting sebagai antioksidan yang dapat juga meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus dapat membantu menghindari dari serangan berbagai macam penyakit yang datang.
  • Susu kambing tidak memiliki protein komplek, sehingga tidak akan membuat alergi anda kambuh atau membuat gatal – gatal pada bagian tertentu.
  • Susu kambing juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan lebih baik tanpa mengakibatkan kembing dan rasa sakit perut karena kadar asam yang berlebihan.
  • Susu kambing dapat meningkatkan pH aliran darah, dengan meningkatkan pH darah akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kinerja organ seluruh tubuh.
  • Susu kambing mengandung asam lemk tinggi, yang berfungsi untuk sebagai antimikroba yang dapat menghandukan bakteri jahat di dalam pencernaan dan susu kambing tidak akan menimbulkan gelembung – gelembung lemak yang akan mengakibatkan pernapasan memburuk.
  • Susu kambing mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi sehingga akan memenuhi kebutuhan kalsium untuk metabolisem tubuh dengan baik. Kalsium ini berperan penting untuk mencegah pengeroposan tulang dan menguatkan pertumbuhan tulang serta mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Baca juga : 

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat susu kambing semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Incoming search term :

  • Manfaat susu kambing
  • khasiat susu kambing
  • kandungan susu kambing
  • nutrisi dan senyawa susu kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme