Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kenali Manfaat Biji Buah Semangka Yang Belum Diketahui

Manfaat Biji Buah Semangka Yang Belum Diketahui – Tanaman buah semangka dengan nama latin Citrullus vulgaris merupakan tumbuhan dengan kandungan air yang sangat banyak. Hampir 91% dari bagian buahnya adalah kandungan air. Berdasarkan fakta ini, menjadi beralasan mengapa semangka seringkali dijadikan pelega dahaga menggantikan air yang diminum secara langsung. Tanaman buah semangka tumbuh subur di daerah tropis, seperti asal buah ini yaitu Afrika. Semangka selain memiliki kandungan air yang sangat banyak, juga memiliki daya tarik lain yaitu rasa manisnya. Rasa manis dan segar dari semangka ternyata tak hanya bermanfaat sebagai pelepas dahaga saja, tak hanya daging buahnya ternyata kulit bahkan biji buah semangka memiliki banyak manfaat. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa terdapat banyak manfaat, kandungan nutrisi, vitamin, serta antidioksida pada buah semangka yang sangat diperlukan oleh tubuh. Begitu pula pada kulit buah semangka. Akan tetapi sedikit sekali orang yang mengetahu manfaat biji buah semangka. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui bersama-sama berbagai macam manfaat biji semangka yang belum diketahui.

1

Biji semangka merupakan bagian dari buah semangka yang mengandung zat besi, magnesium, vitamin, dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat ini sudah terdapat pengolah biji semangka menjadi kuaci yang juga sangat bermanfaat dalam membantu diet tubuh. Selain itu masih terdapat banyak lagi manfaat dari biji kuaci yang akan dirangkum dalam paragraph-paragraf berikut ini.

Baca : 10 manfaat besar buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat yang belum begitu banyak diketahui dari biji semangka adalah manfaat likopen yang terkandung di dalamnya. Likopen merupakan antioksidan yang ternyata jauh lebih unggul dibandingkan antioksidan lain seperti vitamin C ataupun vitamin E. Likpoen banyak terkandung pada biji semangka dan manfaatnya adalah membantu meningkatkan gairah dan kesuburan pada pria. Selain itu likopen pada biji semangka dapat bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah.

Manfaat kedua dari biji semangka terdapat pada kandungan asam amino yang tinggi di dalamnya. Asam amino sangat berperan dalam membantu meningkatkan sistem metabolism dan sistem organ kardiovaskular dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi biji semangka sangatlah dianjurkan bagi manusia untuk mencukupi kebutuhan asam amino.

Manfaat yang ketiga dari mengonsumsi biji semangka adalah mengurangi masalah kandung kemih, masalah ginjal, dan tentunya menjaga kelembaban usus. Hal ini disebabkan oleh kandungan biji semangka yang dapat merangsang air seni dan baik untuk ginjal.

Manfaat keempat yang sangat penting baik untuk anak-anak hingga orang tua adalah kemampuan biji semangka untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan mempertajam memori manusia. Untuk anak-anak tentu biji semangka akan sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran dan bagi orang tua dapat membantu menguatkan memori yang pun sudah mulai menua.

Manfaat yang kelima adalah membantu penyembuhan penyakit diabetes. Walau rasanya sangat manis, namun manis dalam semangka tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Bahkan dengan mengonsumsi air rebusan biji semangka, penderita diabetes dapat menanggulangi kebutuhan akan gulanya seperti mengonsumsi teh biasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium dalam biji semangka yang dapat mengontrol diabetes. Tidak hanya diabetes, magnesium pada biji semangka dapat juga mengontrol hipertensi melalui tekanan darah.

Manfaat terbesar dari biji buah semangka yaitu sebagai agen anti kanker. Mengonsumsi biji semangka dipercaya dapat mencegah sel kanker terbentuk dalam tubuh manusia. Oleh karena itu biji semangka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga :

Melihat begitu banyak manfaat dari biji buah semangka, aneh rasanya jika masih ada di antara kita yang membuang biji semangka saat mengonsumsinya. Mulai dari sekarang, konsumsilah semangka beserta bijinya! Jangan buang biji semangka dan rasakan manfaatnnya bagi tubuh anda.

Kata Kunci Pencarian :

  • Khasiat Buah Semangka
  • Khasiat Biji Buah Semangka
  • Manfaat Buah Semangka
  • Manfaat Biji Buah Semangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme