Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Manfaat dan Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Buah bengkuang sudah lah banyak di kenal masyarakat indonesia karena sangat lah menyegarkan dan tinggi air serta kaya berbagai nutrisi dan memilki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Perlu di ketahui vitamin yang paling tinggi dalam bengkoang adalah vitamin c , sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor , kalsium dan lain-lain.

bengkoang

kandugan air yang sangat lah tinggi bengkoang ini dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan cairan dalam tubuh. Dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serta juga di gunakan dalam produk kecantikan sebagai pelembab , lulur , sabun wajah  dan lotion karena memiliki efek pelembab yang tinggi dan juga pendingin pada  kulit .

 menurut para ahli bengkoang mengandung vitamin c , flavonoid dan saponoin yang mengandung antioksidan mencegah kerusakan pada kulit yang terkena radikal bebas. Selain itu zat fenolik dalam umbian dalam bengkoang dapat menghambat pembentukan melanin sehingga perubahan warna kulit akibat hormon , sinar matahari dan bekas jerawat dapat di cegah dan di kurangi .

BERIKUT MANFAAT BENGKOANG

1. Membantu Mengobati Wasir

Untuk mengatasi wasir dengan bengkoang  denagn cara dibuat jus dan di minum setiap pagi seteleh bangun tidur.

2. Mengobati Demam

Bengkoang mengandung snyawa kimia yang sangatlah berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam . umbian bengkoang dapat di makan langsung ataupun di buat jus di minum pagi dan sore hari .

3. Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Bengkoang juga dapat membantu mempertahankan kadar gula darah . serat makanan yang terkandung dalam bengkoang berperan menurunkan kadar gula darah.

4. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan pengikisan pada kulit mulut pada bagian dinding dalam pipih atau pun lidah , penyebab sariawan ini adalah kekurangan vitamin c , alergi , atau penurunan daya tahan tubuh . bengkoang ini dapat memnyembuh kan karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat mempercepat proses penyembuhan .

5. Sumber Fitoestrogen Alami

Bengkoang adalah salah satu makanan yang mengandung estrogen dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menupause . dengan demikian keluhan yamng umum pada masa menupause bisa di hindari , sehingga tubuh menjadi lebih segar dab lebih menarik .

6. Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah

Terapi jus bengkoang bisa di manfaat kan juga menurunkan kolesterol dalam darah , hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang sangat lah tinggi , selain serat dan kadar yang tinggi , kandungan vitamin c dalam bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.

7. Mengurangi Produksi Asam Lambung

Menurut ahli naturopathic menyarankan untuk konsumen bengkoang dalam keadaan yang sangat lah segar ., hal ini karena sifat umbian yang alkali , sehingga dapat lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin c dan  beberapa fitonutrien yang di temukan dalam bengkoang bisa meningkatkatkan kekbalan dalam tubuh . sehingga terhindar dari serangan penyakit yang disebab kan oleh virus , bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya lainnya .

9. Kecantikan

Nutrisi dalam bengkoang juga bisa di manfaatkan sebagai bahan kecantikan . tidak mengherankanjika saat ini bengkoang banyak di gunakan sebagai bahan kecantikan sebagai krim dan juga lotion.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat memakan bengkoang yaitu : yaitu jangan pernah mengonsumsi  biji buah bengkoang  ( yang hampir mirip buah kacang ) karena mengandung toksin dan biasa nya di gunakan untuk membasmi serangga jadi jangan lah pernah mencoba bijinya karena sangat lah berbahaya bagi kesehatan anda .

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme