Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kiat Sukses Budidaya Ikan Mas

Kiat Sukses Budidaya Ikan Mas  –  Ikan mas ( Cyprinus Carpio ) yang bersal dari eropa dan tiongkok , yang sudah menyebar luas ke Indonesia sampai saat ini . Budidaya ikan mas ini tergolong sangat lah mudah dan sederhana asalkan dengan panduan yang tepat ini , Budidaya ikan masini terbagi dua cara yaitu dengan pembenihan dan pembesaran . Pembenihan yatu menghasilakn bibit ikan yang untuk di besarkan lebih lanjut sedangkan pembesaran menghasilkan ikan ukuran konsumsi .Berikut cara budidaya ikan mas dengan tepat dan benar .

budidaya-ikan-mas

Cara Sukses Budidaya ikan Mas

1. Syarat Pertumbuhan Ikan Mas

Perlu di ketahui ikan mas hidup di perairan sungai dan danau pada ketinggian 150 – 600 diatas permukaan laut dengan kondisi suhu 20 – 25 °C . Tetapi ikan mas ini dapat juga di budidayakan di kolam semen  ( beton ) ,  kolam tanah , kolam air deras dan juga pada terpal pun juga bisa tergantung ketersedian lokasi .

2. Persiapan Induk Ikan Mas

Induk ikan mas yang mau di pijahkan harus dirawat pada kolam yang khusus yang terpisah dari jantan dan betina , Ikan mas yang di sortir antara berusia 1 ,5 – 2 tahun dengan berat 2 kg , Sedangkan jantan berusia 8 bulan berat ½ kg .

3. Pemijahan ikan Mas

Pemijahan ini dilakukan dengan cara yang natural dengan rangsangan hormone, Cara persiapan sebelum pemijahan ikan mas :

  • Membersihkan dan Mengeringkan kolam
  • Mengisi kolam dengan air tinggi 75 – 100 cm
  • Memasang hapa untuk memudah kan panen larva di kolam secukupnya
  • Memasukan induk ikan maas jantan dan betina yang siap di pijah
  • Mengangkat induk yang memijah lalu pindahkan kekolam pemeliharan induk

4. Pendederan Ikan Mas

Setelah larva cukup kuat saatnya melakukan pendederan ikan maas , biasanya di lakukan pada kolam yang lumpur atau besaawah meski bisa juga dilakukan pada kolam semen dan terpal . Persiapan kolam tanah adaalaah meratakan tanah dasarnya  , tebarkan kotoran 10 – 15 kotoran ayam , isi air setinggi kurang  lebih 40 cm dan rendam selam 5 hari tanpa aliran air.

 Hal ini dilakukaan aagar plankton dan sumber makanan alami ikan masa tumbuh di kolam pendederan . Berikan makanan tambahan berupa pellet atau pellet yang telah di rendam , pada usia mencapai 3 minggu bibit ikan mas siap panen  , untuk di jual aatau di pelihara kembali pada kolam yang berbeda , hal ini di lakukan untuk proses pembesaran pada benih ikan mas pada ukuran yang lebih besar .

5. Pembesaran Ikan Mas

Pembesaran ikan mas merupakan upaya untuk memenuhi permintaan ikan mas pad konsumsi , ikan mas ini yang di pasarkan 300 gram – 1 kg , prosese ini dilakukan di kolam lumpu , jarring apaung atau kolam air deras.

a. Pembesaran Ikan Mas Di jaring Apung

Hal ini dilakukan dalam keramba jaring apung yang biasanya di pasang di peairan umum  , pemilihan lokasi penempatan jaring dalm perairan akan sangat menunjang hasil produksi .

b. Pembesaran Ikan Mas Di kolam Air Deras

Pemeliharan di kolam air deras sangat lah bagus karena airnya tidak akan tercemari , bentuk kolam air ini bermacam – macam tergantung kondisis lahan , biassegitiga , bulat maupun oval .

6. Pasca Panen

Secara umum pemanenan pada ikan mas ini di lakukan denagancara penjaringan dan juga pengurangan air pada kolam  , pemanenan ini di lakukan sesuai bobot yang anda in ginkan seperti  300 gram – 1 kg anad bisa memanenya karena kalau tidak anda panen juga bisa memakan biaya lagi akibat pakan yang akan bertambah .

Itulah artikel tentang Kiat sukses Budidaya ikan mas semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencobanya

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme