Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Buah Mengkudu

Klasifikasi dan Morfologi Buah Mengkudu – Mengkudu ( Morinda citrifolia L ) atau juga sering di sebut pace adalah salah satu tanaman asli indonesia. Tanaman ini  sudah di kenal berguna dan bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit.

ers

Klasifikasi buah mengkudu

Kingdom      : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : magnoliopsida

Ordo : Rubiales

Famili : Rubiaceae

Genus : Morinda

Spesies : Morinda citriffolia L.

Morfologi Buah Mengkudu

a.Pohon

Tanaman ini tidak terlalu besar, dengan ketinggia 3-8 meter. Memiliki batang bengkok berdahan kaku, memiliki akar tunggang yang tertancap di dalam tanah. kulit batang berwarna kecoklatan, beralur dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya segi empat.

b.Daun

Daun tanaman ini besae dan tunggak. Daun bertangkai, bulat telur hingga berbentuk elips, kebanyakan daun runcing, berwarna hijau mengkilap yang ber ukuran 5-17 cm. Daun ini memiliki banyak variasi seperti bentuk bulat, bertepi rata, hijau kekuningan, gundul dengan panjang 1,5 cm.

c.Bunga

Bunga tanaman mengkudu berbentuk bongkol dengan tangkai 1-4 cm, rapat, berbunga banyak, tumbuh di dekat batang. Bunga berbau harum dan wangi, serta memiliki mahkota berbentuk tabaung, terompet, putih dalam lehernya berambut wol, panjang tabung mencapai 1,5 cm. Benag sari berjumlah 4, tumbuh menjadi satu dengan mahkota sehingga berukuran besar.

d.Buah

Buah tanaman mengkudu bulat atau lonjong seprti telur ayam. Permukaan buah terbagi sel polgonal ( bersegi banyak ) yang berbintik-binti atau berkutil. Buah awal berwarna hijau dan menjadi kekuning-kuningan ketika matang dan setelah matang buah akan menjadi lunak. Sehingga berjatuhan di bawah pohon.

e.Biji

Biji buah mengkudu berwarna hitam, memiliki albumen yang keras dan ruang udara yang tampak jelas( berpori-pori ). Bijinya memiliki daya tumbuh yang baik walapun sudah disimpan 6 bulan. Perkecambahan 3-9 setelah di semaikan.

Baca juga : Panduan Praktis Budidaya Mengkudu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme