Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bunga Teratai (Nymphaea alba)

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Teratai (Nymphaea alba) Bunga teratai adalah jenis tanaman air yang termasuk dalam suku Nymphaeceae, juga disebut dengan genus Nelumbo (lotus). Dalam bahasa Inggris bunga teratai dikenal sebagai Water-lily.  Teratai juga merupakan tumbuhan air yang dapat tumbuh di daerah bersuhu 20-30 °C. Teratai tumbuh di perairan tenang dan lembab, memerlukan banyak sinar matahari.

Klasifikasi Bunga Teratai

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Dicotyledineae

Ordo: Nymphaeles

Genus: Nymphaea

Spesies: Nymphaea alba L.

Morfologi Bunga Teratai

Morfologi bunga teratai terdiri dari akar, batang, daun dan bunga adapun morfologinya adalah sebagai berikut:

1. Akar

Ciri akar bunga teratai memiliki akar yang kuat, panjang dan berumbi serta berongga. Akar tanaman bunga teratai kurang baik perkemban karena tidak memiliki bulu akar atau tudung akar.

2. Batang

 Ciri batang bunga teratai memiliki bentuk batang berongga, permukaan halus, berwarna hijau hingga kekuningan (jika sudah tua atau mau mati). Selain itu, batang bunga teratai juga di berisi udara dan memiliki lapisan yang berguna untuk membersihkan diri dari kotoran.

3. Daun

Ciri daun bunga teratai memiliki bentuk bulat atau bundar dengan diameter anatar 9-12 cm, daunnya mengapung diatas air, bagian atas daun berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawahnya berwarna ungu kemerahan, bagian tepi daun melipat dan daunnya mempunyai tangkai.

4. Bunga

Ciri bunga teratai tumbuh tegak pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpag tanaman. Bunga teratai mempunyai kelopak banyak dam  berlapisang selang-seling, dengn bagian ujung runcing. Selain itu warna bunga teratai berwarna merah mudah, putih, biru, kuning dan warna gradasi.

5. Buah dan Biji

Bunga terati menghasilkan buah dengan diameter 4-12 cm, didalam buah terdapat biji berwarna hijau serelah tua akan berwarna coklat gelap. Kulit luar biji keras dan biji yang sudah tua dapat diolah menjadi tepung dan dapat juga dimasak.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Bunga Teratai (Nymphea alba) Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme