Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari

Klasifikasi dan Morfologi Burung Kenari – Burung kenari ( Sanarinus canaria ) merupakan salah satu burung hias yang memiliki kicauan yang sangat bagus dan menarik didengar. Burung kenari ini ditemukan pertama kalinya di temukan olah seorang pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke -15 di kepulaun canary. Burung yang ditemuai ini memiliki bulu dan warna yang sangat indah, serta mempunyai suara yang sangat merdu.

1Namun, perlu diketahui burung kenari memiliki beberapa jenis dan macam sesuai dengan bentuk, warna, dan juga asalnya. Selain itu, burung kenari ini juga diklasifikasikan dan morfologikan dari beberapa ilmuan yaitu sebagai berikut.

Klasifikasi Burung Kenari

Kindom : Plantae

Filum : Chordata

Kelas : Aves

Ordo : Passeriformes

Famili : Fringillidae

Genus : Serinus

Spesies : Serinus canaria

Morfologi Burung Kenari

a. Mulut

Mulut burung kenari ini memiliki bentuk meruncing memanjang kurang lebih 1-1.5 cm, memiliki warna beragam dan bervariasi mulai dari warna kecoklatan, kehitaman, dan juga kekuningan. Selain itu, mulut pada burung ini juga memiliki manfaat yang besar bagi burung untuk mempermudah mematuk pakan.

b. Mata

Mata burung kenari ini memiliki bentuk bulat, bewarna hitam, dan tidak memiliki bintik hitam dibagian tengahnya. Mata burung ini mememiliki keunggulan yang sangat besar, dapat memantau gerak gerik makhluk yang ada disekitarnya dengan mudah. Selain itu, mata burung ini juga memiliki cincin yang mengelilingi mata dengan berwarna kekuningan, kebiruan, dan lainnya tergantung dengan jenis burug kenari.

c. Kepala

Kepala pada burung memiliki bentuk bulat memanjang yang diselimuti dengan bulu halus pada kelapa. Kepala burung kenari ini memiliki warna bulu yang sangat beragam mulai dari kekuningan, abu-abu, dan juga kecoklatan. Selain itu, kepala pada burung ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk tempatya pengaturan sistem syaraf pusat, dan juga lainnya.

d. Badan

Badan pada burung kenari ini memiliki bentuk bulat memanjang, dan juga memiliki tempat menyimpannya daging, serta organ dalam lainnya. Namun, bagian badan ini diselimuti juga dengan buku halus dan tebal yang menutupi bagian seluruh badan burung kenari. Badan kenari ini diselimuti bulu berwarna hitam, putih, dan juga kecoklatan, bahkan juga campuran.

e. Ekor

Ekor pada burung kenari ini memiliki bulu yang sangat tebal dan berbentuk memanjang di bagian bawah. Serta ekor pada burung ini ada yang merunsing merata dan juga ada yang meruncing kebawah. Selain itu, ekor pada burung ini memiliki warna yang sangat beragam juga mulai dari warna abu-abu, kecoklatan, putih kekuningan, kuning, dan warna lainnya tergantung dengan jenis dan varietesnya.

Demikianlah klasifikasi dan morfologi burung kenari yang kami sampaikan semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca.

Baca juga :Jenis – Jenis Burung Jalak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme