Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Daun Sirih

Klasifikasi dan Morfologi Daun Sirih – Daun sirih adalah salah satu tanaman yang memiliki batang menjalar atau merambat pada tanaman lainnya. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia yang menyebar hingga keberbagai daerah kepulauan Afrika, Bonin, Fuji hingga kepulauan Indonesia.

1

Daun sirih ini memiliki beberapa 4 jenis spesies yaitu daun sirih kuning, daun sirih hitam, daun sirih hijau, dan daun sirih kehitaman. Dengan banyaknya spesies daun sirih ini, semakin populer dikalangan masyarakat dan juga daun ini memberikan perananan yang sangat penting bagi kesehatan seperti mengatasi sakit gigi, penyumbatan darah dari hidung, mengatasi resiko batu ginjal, mengatasi diabetes dan juga lainnya.

Klasifikasi ilmiah atau taksonomi dari daun sirih ini adalah sebagai berikut :

Klasifikasi daun sirih

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Superkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Magnoliidae

Ordo : Piperales

Famili : Piperaceae ( suku sirih – sirihan )

Genus : Piper

Spesies : Piper betle L.

Morfologi daun sirih

1. Akar

Akan daun sirih tunggang, berbentuk bulat memanjang, dengan tumbuha tunas baru yang banyak, berwarna kecokaltan hingga kekuningan dan tumbuh dengan menjalar.

2. Batang

Batang bulat memanjang, dengan mencapai ketinggian 5-15 m, dan tumbuh dengan menjalar atau merambat. Selain itu, batang ini juga bersulur, beruas, berbuku dengan jarak 5-10 cm, dan memiliki pertunasan yang banyk dibagian batang. Pada umumnya, batang ini berwarna kecoklatan hingga kehijauan.

3. Daun

Daun berbentuk bulat oval atau telur, pangkal daun berberbentuk hampir menyerupai jantung, pertulangan menyirip, permukaan bagian tepi merata, dan juga berbulu pada permukaan bagian bawah. Daun ini tebal, dengan lebar 2-10 cm, panjang 5-15 cm yang berwarna kehijauan muda hingga tua.

4. Bunga

Bunga daun sirih termasuk majemuk, perbungaannya sirih ini termasuk bulir yang berdiri dengan sendirinya yang terletak pada cabang daun yang berhadapan. Bulir ini lengkap yaitu bulir jantan dan betina, bulir jantan memiliki panjang mencapai 1-3 cm, benang sari pendek. Sedangkan bulir betina panjang 2-6 cm dan panjang kepala putik mencapai 3-5 cm, pada umumnya bunga daun sirih ini berwarna merah muda hingga kemerahan tua serta keputihan.

5. Buah

Buah daun sirih ini berbentuk bulat telur kecil, dengan bagian ujung yang gundul, berwarna abu – abu hingga kehitaman, dan terdapat bulu banyak. Selain itu, dalam buah memiliki biji yang ada didalamnya berbentuk bulat, pipih dan berwarna kehitaman yang mencapai sekitar 10-20 biji perbuahnya.

Baca juga :

Itulah mengenai klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri tanaman daun sirih semoga informasi berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme