Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cakalang ( Katsuwonus pelamis )

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cakalang ( Katsuwonus pelamis ) – Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki pergerakan yang lebih cepat  dan juga memiliki sifat sangat rakus ( varancious ). Ikan ini termasuk kedalam famili scomridae dengan genus kastuwonus. Selain itu, ikan cakakalang in hidup dengan bergerombol dan berkelompok dalan ukuran besar. Bentuk tubuh ikan ini termasuk kedalam bentuk torpedo dengan bentuk badan fusiform, bagian kelapa tebal, bentuk ramping dan ekor kuat serta sedikit pipih dari bagian samping.

2

Menurut dari pusat penelitiaan dan penfembangan dinas perikanan yang dilakukan pada tahun 1993, klasifikasi ikan cakalang ini berdasarkan FAO adalah sebagai berikut :

Klasifikasi ikan cakalang 

Filum : Vertebrata

Sub filum : Craniata

Kelas : Teleostomi

Sub Kelas :  Actinopterygii

Ordo : Ferciformes

Famili : Scombrinae

Genus : Katsuwonus

Spesies : Katsuwonus pelamis

Morfologi ikan cakalang

Ikan cakalang ini memiliki bentuk tubuh membulat memanjang dan terdapat garis lateral. Selain itu, ikan ini memiliki ciri utama yaitu terdapat garis 4-4 berwarna kehitaman yang memanjang dibagian samping  bagian tubuh.  ikan cakalang ini memiliki berat mencapai 0,5 – 11,5 kg dan memiliki panjang 30 -80 cm bahkan lebih.

Ikan ini juga memiliki ciri khusus yang mempunyau bentuk hampir menyerupai torpedo ( fusiform ), bulat dan memanjang serta mempunya tapis insang sekitar 53 -63 buah. Ikan ini memiliki dua sirip punggung yang terletak terpisah. Sirip punggung pertama terdapat 14-16 jari keras, dan sirip bagian punggung diikutio dengan 7-9 finlet. Terdapat sebuah rigi – rigi yang sangat kuast diantara dua rigi yang lebih kecil dibandingkan sisi dan sirip ekornya.

Baca juga :

Demikianlah ulasan singkat mengenai klasifikasi, taksonomi, dan morfologi dari ikan cakalang semoga bermanfaat !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme