Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cupang

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Cupang – Ikan Cupang ( Betta sp ) merupakan ikan hias yang sangat di sukai banyak orang. Ikan ini berasal dari malasyia, sumatra, jawa dan lainnya, ikan memiliki warna yang sangat indah dan menarik. Sehingga memiliki daya jual yang sangat tinggi di bandingkan dengan ikan lainnya.

1

Ciri khas ikan ini adalah sangat sensitif terutamanya ikan cupang jantan. Oleh karena itu, dalam pemeliharaan ikan ini biasanya di pisahkan satu persatu dengan ikan jantan lainnya untuk menghindari pertarungan. Berikut klasifikasi dan morfologi ikan cupang berdasarkan bentuk tubuh dan juga karakteristiknya.

Klasifikasi ikan cupang

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Subfilum : Vertebrata

Superkelas : Gnathostomata

Kelas : Oesteochytes

Superkelas : Actinopterygii

Superordo : Achantopteri

Ordo : Perciformes

Subordo : Anabantoidei

Famili : Anabantidae

Subfamili : Ctenopinae

Genus : Betta

Spesies : Betta splendens.

Morfologi ikan cupang

Ikan cupang memiliki bentuk yang sangat langsing atau ramping, memiliki kepanjangan hingga 6-7 cm dan juga memiliki warna dasar kuning hingga sawo matang. Ikan ini memiliki jenis dan juga varietes yang sangat berbeda- beda, karena banyaknya persilangan. Ikan ini juga termasuk jenis famili ikan gurami, sepat dan juga lainnya.

Ikan ini memiliki sisik yang sangat halus, dan mengkilap. Sisik ikan ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 0,2 – 0,3 mm bahkan lebih kecil tergantung dengan ukuran tubuh dan varietesnya. Selain itu, memiliki tangkai dua di bagian depan berwarna kemerahan, kekuningan dan juga lainnya yang berukuran antara 0.6-1 cm tergantung pertumbuhan.

Ikan cupang ini memiliki warna yang sangat bervariasi dan juga beragam mulai dari warna merah pekat, warna kuning pekat, warna kebiruan dan juga warna lainnya. Namun, warna ini tergantung jenis dan juga varietesnya.

Ikan cupang juga memiliki sirip yang sangat bervariasi dan juga beragam mulai dari sirip yang berbentuk bulan, berbentuk kipas, berbentuk sisir dan juga ada yang berbentuk kain yang sangat tebal. Hal ini yang membuat ikan ini sangat menarik dan juga memiliki daya jual yang sangat tinggi.

Ikan cupang ini memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap sejenis terutamanya ikan cupang jantan, berjumpa dengan ikan cupang jantan. Hal ini akan membuat ikan bertarung dan juga berkelahi apalagi jika dalam satu wadah. Oleh karena itu ikan ini sebaiknya di lakukan pemeliharaan dalam wadah berpisah.

Baca juga :Cara Budidaya Ikan Cupang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme