Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gurami

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gurami – Ikan gurami dengan nama latin “ Osphronemus gouramy ” merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak di budidayakan masyarakat. Ikan ini termasuk dalam famili labyrinthici , karena menggunakan alat pernafasan tambahan seperti ikan labyrinth.

1

Ikan gurami ini berasal dari  Asia terutamannya indonesia yang sudah di budidayakan sejak zaman kerajaan dahulu. Kemudian ikan ini menyebar luas keberbagai wilayah berupa jawa tengah, jawah timur dan juga bahkan wilayah lainnya sudah mengembangkan ikan ini. Lebih jelasnya perhatikan klasifikasi dan morfologi ikan gurami sebagai berikut.

Klasifikasi ikan gurami

Kingdom : Animali

Filum : Cordata

Subfilum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Bangsa : Labirinthici

Suku : Anabantidae

Famili : Osphronemus

Spesies : Osphronemus gouramy

Morfologi ikan gurami

Ikan gurami memiliki bentuk tubuh dan badan memanjang mecapai 65 cm, tinggi dan pipih kesamping. Memiliki ukuran mulut relatif kecil, miring dan mempunyai muncung. Ikan gurami juga memiliki garis lateral tunggal, tidak terputus dan lengkap. Serta memiliki sisik yang sangat licin dan kasar serta berbentuk stenoid ( bulat ).

Ikan gurami juga memiliki gigi rahang di bawah, mempunyai ekor dengan ciri khas seperti bulan yang berwarna  hitam atau gelap. Selain itu, ekor pada ikan ini juga mempunyai sirip ekor yang membulat serta di lengkapi juga sepasang sirip yang tampak bagus.

Secara umumnya, ikan gurami ini memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman dengan di tandai bintik – binti hitam dan juga putih di bagian sirip dada. Namun, perlu di ketahui tebal daging pada ikan gurami ini mencapai 1-2 cm dan juga memiliki sisik yang sangat halus. Oleh karena itu, banyak sekali yang menyukai ikan ini karena memiliki daging yang sangat tebal.

Selain memiliki daging yang sangat tebal ikan gurami juga sangat mudah di olah atau pun di buat apa saja baik makanan, maupun masakan dengan rasa yang nikmat dan enak.

Baca juga : Cara Pembenihan Ikan Gurami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme